Rahman, Farras Andi and Dr. Ir. Herly Evanuarini,, S.Pt., MP (2023) Kajian Manajemen Rantai Pasok Produk Olahan Susu Di Era Digital (Studi Kasus di UMKM “Yojoy Yoghurt” di Malang Raya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Industri susu merupakan salah satu sektor penting dalam industri pe yang memiliki peran strategis dalam menyediakan produk susu yang berkualitas bagi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan manajemen rantai pasok produk olahan susu yang melibatkan aliran produk, aliran informasi, aliran keuangan dan mengkaji hubungan dari setiap pihak yang terlibat dalam rantai pasokan produk olahan susu. Adapun manfaat yang ix dapat dihasilkan dari penelitian ini adalah sebagai dasar informasi terkait manajemen rantai pasok produk olahan susu yang melingkupi aliran serta hubungan didalamnya. Metode penentuan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling, yaitu cara pengambilan sampel yang ditentukan secara sengaja berdasarkan pertimbangan yang diperlukan. . Metode pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sampel berdasarkan kriteria penulis, sedangkan pada tingkat konsumen akhir menggunakan metode accidental sampling yang ditentukan secara kebetulan atau responden yang kebetulan dijumpai. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara langsung kepada responden dengan alat bantu berupa kusioner. Pengumpulan data dilakukan untuk mendapatkan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa manajemen rantai pasok produk olahan susu melibatkan sejumlah pelaku yang berawal dari hulu sampai hilir seperti peternak, dan konsumen akhir. Dalam penelitian ini, peternak berposisi di hulu (upstream) yang berperan memasok atau mendistribusikan susu segar ke sebanyak 10 liter setiap . berada diposisi on-processing serta posisi hilir (downstream)onsumen akhir yang berperan membeli produk olahan susu dari baik secara langsung dengan mendatangi lokasi kedai dan secara tidak langsung dengan memesan produk melalui aplikasi layanan antar makanan (Go-Food, Grab-Food dan Shopee-Food). Kesimpulanmenunjukkan bahwa aliran informasi berjalan dua arah dari petani, Yojoy Yoghurt dan konsumen x dan sebaliknya, informasi dibantu dengan media sosial seperti hatsapp dan e-commerce ojek, rab dan hope. liran produk berjalan dua arah mulai dari hulu petani, Yojoy Yoghurt dan konsumen, kemudian dari hilir begitu juga sebaliknya jika ada produk yang rusak atau tidak sesuai standar. liran keuangan baik dari hulu ke hilir maupun dari hilir ke hulu menggunakan pembayaran tunai dengan cash on delivery dan dengan opay,vo hope. M ter pada produk Yoghurt+Granola dan Yoghurt+Muesli dan E tertinggi pada Hubungan yang terjadi antar pelaku rantai pasok: (i) kemitraan antara peternak sapi perah dengan Yojoy Yoghurt, (ii) koordinasi antara Yojoy Yoghurt dengan konsumen akhir, dan (iii) kolaborasi antara Yojoy Yoghurt dengan aplikasi layanan pesan antar makanan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052305 |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 02:13 |
Last Modified: | 23 Jan 2024 02:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213215 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Farras Andi Rahman.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |