Miftahussururi, Miftahussururi and Anie Eka Kusumastuti, S.Pt., MP., M.Sc (2023) Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Susu Pasteurisasi Pada Specialty Coffee Shop Di Kota Bogor, Jawa Barat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Susu pasteurisasi dapat diperoleh dengan cara melakukan pemanasan pada susu segar dengan suhu sekitar 78C - 80C selama 16 – 30 detik. Indonesia merupakan salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia. Dengan berjalannya waktu, industri kopi di Indonesia semakin berkembang setiap tahunnya dan kerap menghasilkan kopi kopi berkualitas yang dapat di kategorikan sebagai specialty coffee. Kemunculan fenomena specialty coffee di Indonesia mendorong para pelaku bisnis untuk mulai terjun di bisnis specialty coffee shop. Susu pasteurisasi merupakan salah satu bahan baku yang digunakan pada specialty coffee shop. Dengan banyaknya produk susu pasteurisasi dengan berbagai merek, para pelaku bisnis memiliki beberapa pertimbangan seperti kualitas produk susu, harga, maupun rekomendasi dari kerabat. Penelitian ini dilakukan pada 5 specialty coffee shop di Kota Bogor, Jawa Barat. Waktu pelaksaanaan dilakukan pada bulan Maret di minggu ke-2 hingga minggu ke-3 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil dan karakteristik konsumen pada specialty coffee shop di Kota Bogor, Jawa Barat, untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi pemilihan susu pasteurisasi Greenfields pada specialty coffee shop di Kota Bogor, Jawa Barat, dan untuk mengerahui faktor yang paling berpengaruh terhadap kualitas produk kopi susu pada specialty coffee shop di Kota Bogor, Jawa Barat. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan mendapatkan hasil sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus Cochran. Pengumpulan data responden dilakukan dengan wawancara dan menggunakan penyebaran kuesioner (angket) secara langusung serta observasi kepada konsumen specialty coffee shop di Kota Bogor, Jawa Barat untuk diolah menjadi suatu hasil analisis data. Metode analisis yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan regresi linier berganda dengan menggunakan program IBM SPSS 26. Hasil penlitian pada specialty coffee shop didominasi dengan jenis kelamin laki – laki sebesar 54% dengan rentang usia 17 – 33 tahun, mempunyai Pendidikan formal lulusan perguruan tinggi (S1/S2/S3), mayoritas berkerja sebagai pegawai swasta, memiliki penghasilan rata – rata lebih dari Rp. 3.000.000,-/ bulan dengan tujuan untuk menikmati produk kopi yaitu kopi susu dan menghabiskan waktu rata – rata 2 – 3 jam untuk satu kali kunjungan. Faktor yang mempengaruhi keputusan pemilihan susu pasteurisasi dipengaruhi oleh kualitas produk susu dan media informasi. Faktor yang paling berpengaruh terhadap kualitas produk kopi susu pada specialty coffee shop yaitu kualitas produk susu pasteurisasi.9 Saran dari penelitian ini diharapkan bagi penelitian selanjutnya bisa menggunakan variabel lain dari 7P bauran pemasaran serta menambah jumlah sampel pelaku bisnis dan barista pada specialty coffee shop yang lebih luas.
English Abstract
The research was conducted at Specialty Coffee Shop In Bogor, West Java. This study aims: 1). to determine consumers profile/characteristic of specialty coffee shop in Bogor, West Java, 2). to identify factors influencing the selection of pasteurized milk in specialty coffee shop at Bogor, West Java, and 3). to analyze the most influencing factor of the quality of coffee-milk product in specialty coffee shop at Bogor, Jawa Barat. The research method use was survey method. 100 respondents were selected by purposive sampling with the criteria have visited specialty coffee shop at Bogor, West Java. Data collection was conducted at March from week- 2 until week-3 2023 by using structured questionnaire, direct observation and documentation. Data were analyzed by descriptive quantitative using multiple regression analysis using SPSS version 26 software. The results show that the majority of consumers who visited specialty coffee shop at Bogor, West Java were aged between 17 – 33 years old, had last formal education at university level and worked as private employees with an income average more than IDR 3.000.000 per month. Most of them visited specialty coffee shop less than twice in a week for enjoying coffee especially coffee-milk for around 2 – 3 hours. Factors influencing the decision for selection of pasteurized milk were quality product of pasteurized millk and information. The most influencing factors of coffee-milk quality product in specialty coffee shop was the quality of pasteurized milk.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052305 |
Uncontrolled Keywords: | Pasteurized milk, specialty coffee, coffee shop, influencing factors |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 01:39 |
Last Modified: | 23 Jan 2024 01:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213177 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Miftah Hussururi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |