Pengaruh Manajemen Pengetahuan Terhadap Manajemen Kualitas Pada Perusahaan Konstruksi Berskala Besar Di Surabaya

Sinambela, Yoel Felix and Ir. Eko Andi Suryo,, ST., MT., Ph.D. and Ir. Kartika Puspa Negara,, ST., MT., Ph.D. (2023) Pengaruh Manajemen Pengetahuan Terhadap Manajemen Kualitas Pada Perusahaan Konstruksi Berskala Besar Di Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manajemen pengetahuan semakin penting bagi organisasi dalam menghadapi persaingan bisnis yang ketat dan kompleks. Perubahan cepat dalam lingkungan bisnis memerlukan organisasi untuk mengembangkan dan memperbarui pengetahuan mereka agar dapat beradaptasi dengan perubahan tersebut. Manajemen pengetahuan mencakup proses menciptakan, mengelola, dan memanfaatkan pengetahuan organisasi untuk meningkatkan kinerja dan keunggulan kompetitif. Manajemen pengetahuan membantu organisasi menjadi lebih efektif, efisien, inovatif, dan kompetitif. Kualitas merupakan tingkat keunggulan suatu produk, layanan, yang memenuhi harapan pelanggan atau pengguna. Kualitas yang buruk dapat menyebabkan kekecewaan pelanggan, biaya yang lebih tinggi, dan bahkan membahayakan keselamatan dan kesehatan. Perusahaan berusaha mencapai dan mempertahankan standar kualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, meningkatkan keunggulan kompetitif, dan reputasi mereka. Total Quality Management (TQM) merupakan pendekatan manajemen holistik yang mencakup seluruh aspek organisasi, karyawan, proses bisnis, dan teknologi. TQM bertujuan meningkatkan kualitas produk atau layanan, efisiensi, dan produktivitas organisasi. TQM melibatkan seluruh staf organisasi dalam upaya peningkatan kualitas dengan pendekatan berorientasi pada fakta dan data serta fokus pada kepuasan pelanggan. Surabaya merupakan kota dengan tingkat pembangunan yang tinggi. Perusahaan konstruksi di Surabaya dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan dengan kualitas tinggi. Namun, banyak yang mengalami kendala dalam mencapai kualitas akibat kurangnya koordinasi dan integrasi antar departemen, rendahnya kualitas tenaga kerja, dan kurangnya pengelolaan pengetahuan. Kesimpulan penelitian ini adalah manajemen pengetahuan memiliki pengaruh terhadap manajemen kualitas. Hal ini dikarenakan manajemen pengetahuan berperan dalam pekerjaan dan penerapan manajemen kualitas. Manajemen kualitas dapat berjalan dengan tidak maksimal jika tidak diterapkan manajemen pengetahuan.

English Abstract

Knowledge management is becoming increasingly important for organizations in facing tough and complex business competition. The rapid changes in the business environment require organizations to develop and update their knowledge to adapt to these changes. Knowledge management encompasses the processes of creating, managing, and utilizing organizational knowledge to enhance performance and gain competitive advantage. It helps organizations become more effective, efficient, innovative, and competitive. Quality represents the level of excellence in a product, service, or process that meets or exceeds customer or user expectations. Poor quality can lead to customer dissatisfaction, higher costs, and even jeopardize safety and health. Companies strive to achieve and maintain high-quality standards to meet customer needs, enhance competitive advantage, and uphold their reputation. Total Quality Management (TQM) is a holistic management approach that covers all aspects of the organization, including employees, business processes, and technology. TQM aims to improve product or service quality, organizational efficiency, and productivity. It involves the entire staff in the organization in quality improvement efforts, using a fact-based and data-driven approach with a focus on customer satisfaction. Surabaya is a city with a high level of development. Construction companies in Surabaya are required to complete their work with high quality. However, many face challenges in achieving quality due to the lack of coordination and integration among departments, lowquality workforce, and inadequate knowledge management. The conclusion of this research is that knowledge management has an influence on quality management. This is because knowledge management plays a role in the work and implementation of quality management. Quality management may not be fully optimized if knowledge management is not applied.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052307
Uncontrolled Keywords: knowledge management, total quality management.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 23 Jan 2024 06:57
Last Modified: 23 Jan 2024 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213143
[thumbnail of DALAQM MASA EMBARGO] Text (DALAQM MASA EMBARGO)
YOEL FELIX SINAMBELA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item