Analisis Nilai Moral dalam Drama 以家人之名 Yǐ Jiārén Zhī Míng

Setyowati, Adinda and Nurila Shanti Octavia, MTCSOL. (2022) Analisis Nilai Moral dalam Drama 以家人之名 Yǐ Jiārén Zhī Míng. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Drama merupakan salah satu karya sastra yang banyak menyita perhatian masyarakat. Dialog dalam drama tentunya mengandung nilai moral yang dapat dijadikan teladan oleh para penonton. Nilai moral yaitu segala sikap baik dan buruk yang tertanam pada diri seseorang dan dijadikan pedoman oleh orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai moral yang terdapat pada tokoh utama dalam drama 以家人之名 Yǐ Jiā Rén Zhī Míng episode 1-5. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif lalu dianalisis menggunakan teori James Rachels. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak, catat, dan penerjemahan. Ditemukan 30 data nilai moral pada tokoh utama yang terdapat dalam drama 以家人之名 Yǐ Jiā Rén Zhī Míng dan sesuai dengan teori James Rachels. 30 data nilai moral tersebut diantaranya yaitu 8 nilai moral keberanian, 5 nilai moral kemurahan hati, 10 nilai moral kejujuran, dan 7 nilai moral kesetiaan terhadap keluarga dan sahabat.

Other obstract

电视剧是最受欢迎的文学作品之一。话剧中的对话当然包含道德价值,可以作为观众的榜样。道德价值都是植根于一个人身上并被他人用作指导方针的好坏态度。本研究旨在分析电视剧 《以家人之名》 第1-5集主角所包含的道德价值。研究方法是描述性的定性方法,然后使用James Rachels的理论进行分析。数据是以听懂,写,与翻译的方法收集。剧中主角的道德价值有30条数据,符合James Rachels的理论。30个道德价值数据包括8个勇气道德价值、5个慷慨道德价值、10个诚实道德价值、7个忠诚对家庭与好朋友道德价值。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052212
Uncontrolled Keywords: analisis, drama, nilai moral, tokoh utama
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Cina
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:55
Last Modified: 25 Jan 2024 02:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213061
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adinda Setyowati.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item