Chandraningtyas, Ishtar Adristi and Dewi Hardiningtyas, ST., MT., M.BA (2022) Analisis Tingkat Situation Awareness Pada Train Driver PT.KAI Daop VIII Dengan Metode Quantitative Analysis of Situation Awareness (QUASA). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kereta api merupakan salah satu jenis transportasi darat yang sangat umum dan sering digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Data statistik hingga Oktober 2020 mencatat terjadi kecelakaan sebanyak 198 kasus dan sebanyak 22 kasus disumbang oleh daop VIII Surabaya. Menurut Direktur Lalu Lintas Angkutan Kereta Api Kemenhub, Hanggoro Budi Waryawan menyatakan bahwa SDM operator menyumbang kecelakaan sebesar 28%. Sebagai salah satu penyumbang kecelakaan paling besar, oleh sebab itu perlu dilihat bagaimana tingkat situation awareness atau kemampuan pengambilan keputusan yang diambil di keadaan lapangan oleh setiap masinis yang ada dan dapat memberikan saran dari permasalahan yang ada dengan sesuai. Metode yang akan digunakan pada penelitian kali ini adalah Quantitative Analysis of Situation Awareness yang merupakan salah satu metode dari jenis metode self rating technique. Penilaian ini bersifat subjektif dengan menggabungkan teknik true/false probes dan self–ratings confidence sehingga mendapatkan output berupa nilai actual accurancy dan perceived accurancy serta presentase SA yang dapat digolongkan menjadi tiga kategori rendah, cukup, dan tinggi. Analisis yang digunakan adalah analisis sensitivitas dan bias untuk mengetahui rangsangan yang ambigu serta analisis signal detection theory untuk mengetahui probabilitas respon yang mungkin terjadi pada setiap responden yang ada. Hasil yang didapatkan dari penelitian yang dilakukan adalah tingkat situation awareness yang dimiliki oleh train driver memiliki nilai sebesar 60,89% yang memiliki arti berada di kategori cukup. Selanjutnya, Diketahui nilai actual accurancy yang dimiliki oleh train driver DaoP 8 Malang sebesar 75,83% sedangkan nilai perceived accurancy yang dimiliki sebesar 80%. Hal ini menggambarkan responden memiliki karakteristik yaitu Over-Confident. Namun dengan nilai sensitivitas dan bias yang dalam daerah penerimaan diketahui jika responden sudah dapat membedakan signal juga noise dan menghadapi rangsangan yang ambigu dengan baik.
English Abstract
Train is one of the most common types of road transportation and is often used by people in Indonesia. Statistical data until October 2020 recorded 198 accidents and 22 cases were constributed by DaopVIII Surabaya. According to the Director of Railway Traffic at the Ministry of Transfportation, Hanggoro Budi Waryawan, the operator’s human resources for 28 percents of accidents. As one of the biggest contributors to accidents, therefore it is necessary to see how the level of situation awareness or decision-making ability is taken in field conditions by each existing machinist and can provide advice on the existing problems accordingly. The method that will be used in this research is Quantitive Analysis of Situation Awareness which is one of the methods of the self-rating technique. This assessment is subjective by combining the technique of true/false probes and self-ratings confidence so as to get output in the form of actual accurancy and perceived accurancy values and the percentage of SA which can be classified into three categories of low, moderate, and high. The analysis to determine ambiguous stimuli and signal detection theory analysis to determine the probability of a response that may occur to each respondent. The results obtained from the research carried out are the level of situation awareness owned by the train driver has a value 60.89% which means that it is in the sufficient category. Futhermore, it is known that the actual accurancy value owned by the DaoP 8 Malang train driver is 75.83% while the perceived accurancy value is 80%. This illustrates that respondents have the characteristics of Over-Confident. However, with the sensitivity and bias values in the reception area, it is known if the respondent is able to distinguish signals and noise and also deal with ambiguous stimuli well.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052307 |
Uncontrolled Keywords: | Situation Awareness, Masinis, QUASA-Situation Awareness, Train Driver, QUASA |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Unnamed user with email y13w@ub.ac.id |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 04:14 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 04:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212998 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ishtar Adristi Chandraningtyas.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |