Dwi Nafilah, Farah and Prof. Ir. Ludfi Djakfar,, MSCE., Ph.D., IPU and Lasmini Ambarwati,, ST., M.Eng. (2022) Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Potensi Pengguna Jalan Tol (Studi Kasus Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
RINGKASAN FARAH DWI NAFILAH dan TSANIA GIVAAFFINA, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Juli 2022, Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Potensi Pengguna Jalan Tol (Studi Kasus Tol Pasuruan – Probolinggo). Kota Pasuruan dan Probolinggo merupakan kota yang menjadi wilayah pusat distribusi barang pada sektor industri dan perdagangan Provinsi Jawa Timur. Pemerintah membangun Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo (Paspro) dengan tujuan untuk memberikan alternatif ruas jalan yang melalui jalan nasional antara Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo. Namun tujuan dari dibangunnya jalan Tol Pasuruan – Probolinggo hingga saat ini masih belum tercapai. masih banyak diantara para pengguna jalan yang lebih memilih untuk melewati jalan eksisting dibanding jalan tol. Terlebih setelah hadirnya pandemi COVID-19 di Indonesia. Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo mengalami penurunan karena adanya pandemi COVID-19 sekitar 7-10 ribu jumlah kendaraan yang melintasi. Sebelum adanya pandemi COVID-19 jumlah kendaraan yang melintasi jalan tol Pasuruan-Probolinggo cukup tinggi yaitu berkisar 13–14 ribu kendaraan setiap harinya. Maka diperlukan kajian untuk mengevaluasi seberapa besar potensi peralihan pengguna jalan dari jalan eksisting atau jalan nasional menuju jalan tol Pasuruan-Probolinggo selama pandemi COVID-19 berlangsung serta bagaimana pengaruh COVID-19 bagi probabilitas pengguna jalan tol yang dikaitkan dengan pilihan sejumlah tarif tol yang bervariasi. Penelitian ini menggunakan metode Stated Preference dan Ability To Pay (ATP)/Willingness To Pay (WTP). Teknik pengumpulan data responden menggunakan metode Stated Preference dengan sampel sejumlah 361 responden yang dipilih secara acak. Hasil analisis yang didapatkan potensi pengguna jalan terbesar yang akan beralih ke tol Pasuruan- Probolinggo untuk kendaraan golongan I yaitu pada tarif tol Rp 1.000,00/km dengan persentase pengguna tol tertinggi sebesar 86,7%; golongan II pada tarif tol Rp 1.500,00/km dengan persentase 69,1%; golongan III pada tarif tol Rp 2.000,00/km dengan persentase 68,9%; Sedangkan untuk prediksi total potensi pengguna tol yang didapatkan dari akumulasi penjumlahan Lalu Lintas Harian Jalan Tol yang sudah ada dengan potensi tambahan pengguna jalan yang akan beralih menuju jalan tol Pasuruan Probolinggo adalah yang terbesar berada pada tarif tol Rp 1.000,00/km untuk kendaraan golongan I sejumlah 34.398 kendaraan/hari, Rp 1.500,00/km untuk kendaraan golongan II sejumlah 9.903 kendaraan/hari, dan Rp 2.000,00/km untuk kendaraan golongan III sejumlah 978 kendaraan/hari. Sedangkan penentuan tarif tol ideal ditetapkan berdasarkan tarif hasil analisis Stated Preference yaitu untuk kendaraan Golongan I-V sebesar Rp 1.000,00/km, Rp 1.500,00/km, Rp 1.500,00/km, Rp 2.000,00/km, dan Rp 2.000,00/km. Kata kunci: Ability To Pay (ATP)/Willingness To Pay (WTP), Potensi Pengguna Jalan Tol, Stated Preference, Tarif Tol, dan Volume Capacity Ratio (VCR)
English Abstract
SUMMARY FARAH DWI NAFILAH and TSANIA GIVAAFFINA, Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, Brawijaya University, in July 2022, Impact of the Covid-19 Pandemic on Potential Toll Road Users (Case Study of the Pasuruan – Probolinggo Toll Road. Pasuruan and Probolinggo are cities that are central to the distribution of goods in the industrial and trade sectors of East Java Province. The government built the Pasuruan – Probolinggo (Paspro) Toll Road as an alternative road that passes through the national road between Pasuruan Regency and Probolinggo Regency. However, the purpose of the construction of the Pasuruan – Probolinggo Toll Road has not yet been achieved. there are still many road users who prefer through the existing roads rather than the toll road, especially after the COVID-19 pandemic in Indonesia. The Pasuruan-Probolinggo Toll Road users has decreased approximately 7-10 thousand vehicles due to the COVID- 19 pandemic. Before the COVID-19 pandemic, the number of vehicles the Pasuruan-Probolinggo toll road was quite high, ranging from 13-14 thousand vehicles every day. Therefore, a study is needed to evaluate the potential for road users to switch from the existing or national roads to the Pasuruan- Probolinggo toll road during the COVID-19 pandemic and how COVID-19 pandemic affects the probability of toll road users. Stated Preference and Ability To Pay (ATP)/Willingness To Pay (WTP) methods are used to analyze. The respondent's data collection technique used the Stated Preference method by distributing questionnaires to 361 respondents selected at random. The results of the analysis show that the largest potential road users will switch to the Pasuruan-Probolinggo toll road for group I vehicles, with the toll tariff of Rp. 1,000.00/km, approximately toll road users 86.7%; group II approximately 69.1% with the toll tariff of Rp. 1,500, 00/km; group III with the toll tariff of Rp. 2,000.00/km, approximately 68.9%. The prediction of the total potential toll users obtained from the accumulated daily traffic of existing toll roads with additional potential for road users who will switch to the Pasuruan Probolinggo toll road. The ideal tariff toll of Rp. 1,000.00/km for group I vehicles with 34,398 vehicles/day, Rp. 1,500.00/km for group II vehicles with 9,903 vehicles/day, and Rp. 2,000.00/km for group III vehicles with 978 vehicles/day. Keywords: Ability To Pay (ATP)-Willingness To Pay (WTP), Potential Toll Road Users, Stated Preference, Toll Tariffs, and Volume Capacity Ratio (VCR)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052307 |
Uncontrolled Keywords: | Ability To Pay (ATP)/Willingness To Pay (WTP), Potensi Pengguna Jalan Tol, Stated Preference, Tarif Tol, dan Volume Capacity Ratio (VCR) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Unnamed user with username saputro |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 03:17 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 03:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212930 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tsania Giva Affina.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (17MB) |
Actions (login required)
View Item |