Pengaruh Permission Email Marketing Terhadap Purchase Intention Serta Dampaknya Pada Purchase Decision (Studi pada Customer Lazada Indonesia)

Harum, Jun Rachmawati and Andriani Kusumawati, S.Sos., M.Si., DBA and M. Kholid Mawardi, S.Sos.,MAB., Ph.D (2023) Pengaruh Permission Email Marketing Terhadap Purchase Intention Serta Dampaknya Pada Purchase Decision (Studi pada Customer Lazada Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi pada masa kini merupakan dasar untuk menilai kemajuan suatu negara. Hal tersebut mendorong pengembangan perusahaan dan ekosistem teknologi. Terdapat tiga komponen utama dari konsep 'Ekonomi Digital' yaitu E-business infrastructure, E-business, dan E-commerce. Dalam ecommerce terdapat beberapa hal penting yaitu, perdagangan bisnis dan hubungan kerjasama antara perusahaan, untuk mengembangkan dan memperkuat hubungan antara konsumen individu dan bisnis, untuk mengurangi biaya produksi, penyediaan dan penjualan, dan untuk meningkatkan keuntungan serta membuka pasar baru. Email marketing telah lama dianggap sebagai bentuk komunikasi pemasaran yang tidak dapat dipercaya dan tidak diminta atau dapat disebut sebagai spam. Dengan adanya permission email marketing, banyak konsep yang telah dibuat, seperti kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, merasakan efisiensi e-advertisment, pengalaman pelanggan, perilaku pembelian pelanggan, kesetaraan pelanggan, dan lain-lain. Keberadaan permission email marketing akan mendorong terbentuknya purchase intention. Ketika konsumen memiliki niat untuk melakukan pembelian maka akan membuka peluang bagi terjadinya purchase decision. Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan menguji mengenai peran permission email marketing yang berdampak pada niat pembelian dan keputusan pembelian pada marketplace yaitu Lazada Indonesia. Permission email marketing menjadi salah satu alat pemasaran yang memiliki banyak keuntungan, diantaranya adalah kemampuan untuk menjangkau area yang lebih luas dan pangsa pasar yang berbeda namun juga kemampuan untuk melakukan kesepakatan pemasaran dengan jumlah investasi yang sedikit. Peneliti menggunakan kuisioner sebagai sumber data primer yang diberikan kepada 168 responden yaitu subscriber di Lazada Indonesia. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Permission email marketing (X) berpengaruh signifikan terhadap Purchase intention (Z). (2) Permission email marketing (X) berpengaruh signifikan terhadap Purchase decision (Y). (3) Purchase intention (Z) berpengaruh signifikan terhadap Purchase decision.

English Abstract

The development of technology in the present is the basis for assessing the progress of a country. This encourages the development of companies and technology ecosystems. There are three main components of the 'Digital Economy' concept, namely E-business infrastructure, E-business, and E-commerce. In ecommerce there are several important things, namely, business trading and cooperative relationships between companies, to develop and strengthen relationships between individual consumers and businesses, to reduce the costs of production, supply and sales, and to increase profits and open new markets. Email marketing has long been considered an untrustworthy and unsolicited form of marketing communication or can be called spam. With email marketing permissions, many concepts have been created, such as customer satisfaction, customer loyalty, feeling the efficiency of e-advertisment, customer experience, customer buying behavior, customer equality, and others. The existence of email marketing permissions will encourage the formation of purchase intention. When consumers have the intention to make a purchase, it will open up opportunities for the purchase decision. This study aims to discuss and test the role of email marketing permissions that have an impact on purchase intentions and purchasing decisions in the marketplace, Lazada Indonesia. Permission email marketing is one marketing tool that has many advantages, including the ability to reach a wider area and different market share, but also the ability to make marketing deals with a small amount of investment. The researcher used the questionnaire as the primary data source given to 168 respondents, namely subscriber at Lazada Indonesia. The analytical tool used is Structural Equation Modeling (SEM). The results showed that; (1) Permission email marketing (X) has a significant effect on Purchase intention (Z). (2) Permission email marketing (X) has a significant effect on Purchase decisions (Y). (3) Purchase intention (Z) has a significant effect on Purchase decisions.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423030078
Uncontrolled Keywords: permission email marketing, purchase intention, purchase decision.
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:54
Last Modified: 24 Jan 2024 07:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212904
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Jun Rachma.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item