Pengaruh Content Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli Produk Skintific (Survei pada Mahasiswa di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)

Tyasningrum, Josephine Vania and Saiful Rahman Yuniarto, S.Sos., MAB (2023) Pengaruh Content Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli Produk Skintific (Survei pada Mahasiswa di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh Content Marketing (X1) terhadap Minat Beli (Y) produk Skintific, (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (X2) terhadap Minat Beli produk Skintific, (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh Content Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli produk Skintific. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori (explanatory research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel pada penelitian ini terdiri dari Content Marketing (X1), Electronic Word of Mouth dan Minat Beli (Y). Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah pria dan wanita, mahasiswa/mahasiswi aktif Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, berusia 18-34 tahun, pernah melihat bentuk konten dan E-WOM melalui salah satu platform yang dimiliki oleh Skintific yakni Instagram, Facebook dan Tiktok. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan metode pengumpulan data melalui kuesioner secara online kepada 116 responden yang sesuai dengan kriteria populasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebesar 53,2% dan sisanya 46,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama dari variabel Content Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli (Y). Secara parsial, variabel Content Marketing dan Electronic Word of Mouth memiliki pengaruh signifikan terhadap Minat Beli.

English Abstract

This research aimed to (1) identify and analyze the influence of Content (X1) Marketing on Purchase Intention for Skintific product, (2) identify and analyze the influence of Electronic Word of Mouth (X2) on Purchase Intention for Skintific product, (3) identify and analyze the influence of Content Marketing and Electronic Word of Mouth on Purchase Intention (Y). This research used explanatory research with quantitative approach. The variables of the research are Content Marketing (X1), Electronic Word of Mouth (X2), and Purchase Intention The criteria of population in this research are men and women, active students of the faculty of administrative brawijaya university, aged 18-24 years old, had seen content and E-WOM through one of the platforms owned by Skintific (Instagram, Tiktok, Facebook). This research for the sampling technique used purposive sampling and the data collection method by distributing online quetionnaire to 116 respondents by data from population criteria. Data analysis used descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The results showed that independent variable affects on dependent variable by 53,2% and the remaining 46,8% is influence by the other variable not discussed in this research. The results of simultaneous test show that has significant influence of Content Marketing and Electronic Word of Mouth on Purchase Intention (Y). The results partial test show Content Marketing has significant influence on Purchase Intention (Y) and Electronic Word of Mouth has signifucant influence on Purchase Intention (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030875
Uncontrolled Keywords: Content Marketing, Electronic Word of Mouth, Minat Beli
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:40
Last Modified: 24 Jan 2024 07:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212859
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Josephine Vania.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item