Ammar, Fadhlurrohman and Dr. Silvana Maulidah,, SP., MP and Anisa Aprilia, SP., MP., M.BA. (2023) Pengaruh Bauran Pemasaran 4p (Product, Price, Place, Dan Promotion) Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Mediasi Kepuasan Konsumen (Studi Pada Coffee Shop Take Away Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Coffee shop take away mulai booming sejak meroketnya jumlah kedai kopi dari tahun 2016 hingga pertengahan 2019 dengan total lebih dari 1.000 kedai kopi. Menurut Toffin (2020), saat ini coffee shop di Indonesia memasuki gelombang keempat dimana industri coffee shop dikuasai dengan konsep take away. Janji jiwa, Kopi Kenangan, Kopi Kulo, dan Fore Coffee adalah 4 besar di industri coffee shop take away, khususnya di Kota Malang. Mereka menawarkan produk dan harga serupa yang kompetitif. Loyalitas pelanggan dapat dipengaruhi melalui kepuasan pelanggan dimana sudah pernah mencoba apa yang ditawarkan oleh coffee shop take away berdasarkan 4P (product, price, place, dan promotion). Dengan demikian, terjadi persaingan antara keempat besar coffee shop take away ini. Berdasarkan TOP Brand Index dari tiga tahun terakhir di mana Kopi Kenangan dan Janji Jiwa selalu mencoba menduduki posisi nomor satu. Sedangkan Fore Coffee perlahan mencuri Posisi Kopi Kulo. Hal ini dapat menyebabkan switch effect pada diri pelanggan, dimana hal ini juga dapat berpengaruh pada penjualan dan branding. Pada teori, bauran pemasaran 4P dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan (Kotler & Keller, 2012). Namun, kepuasan pelanggan juga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penetuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di Kota Malang yang termasuk dalam area pemasaran keempat coffee shop take away tersebut dan sesuai dengan tujuan penelitian terkait loyalitas konsumen dikarenakan adanya pesaing yang menawarkan value yang tidak kalah saing. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM-PLS dengan alat analisis SmartPLS 4. Berdasarkan hasil penelitian, bauran pemasaran 4P memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan maupun loyalitas konsumen secara langsung. Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan dan loyalitas konsumen adalah harga. Hal ini menandakan bahwa penetapan harga yang kompetitif dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen dengan mengkomunikasikan nilai kepada konsumen dan membangun kepercayaan. Kepuasan konsumen tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dan juga tidak berhasil memediasi pengaruh bauran pemasaran 4P terhadap loyalitas konsumen dikarenakan tingkat kepuasan pelanggan yang bervariasi dari waktu ke waktu sehingga menyebabkan fluktuasi loyalitas konsumen. Didukung juga dengan tidak sedikit responden yang iii tidak memiliki ciri-ciri untuk loyal sepeti commitment, switching intention, trust serta adanya pengaruh dari variabel lain di luar model penelitian dengan menambahkan unsur 8P marketing mix lainnya sehingga menjadi marketing mix 12P yang lebih baru, brand loyalty, brand experience, brand image, dan customer relationship management (CRM) yang masih berkaitan dalam strategi pemasaran dan dapat mempengaruhi loyalitas konsumen dari suatu coffee shop take away. Melihat pada data karakteristik responden yang didapat yaitu berusia 17-24 tahun dengan pendapatan dibawah Rp 1.500.000 per bulan dan juga memperhatikan dimensi dari bauran pemasaran 4P, peneliti menyarankan keempat coffee shop take away Kota Malang yaitu Janji Jiwa, Kopi Kenangan, Kopi Kulo, dan Fore Coffee memfokuskan pada harga dan lokasi dimana kedua hal tersebut yang paling berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen, seperti stabilnya harga produk yang bersaing dengan kompetitor, produk yang memiliki karakter best value for money, ataupun melalui strategi decoy price, keberadaan lokasi toko yang lebih menjangkau area universitas besar di Kota Malang, dan tidak selalu bergantung dengan promosi supaya konsumen dan perusahaan tidak tejebak pada lingkaran promosi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052310 |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 01:22 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 01:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212800 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fadhlurrohman Ammar.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (19MB) |
Actions (login required)
View Item |