Retnoningati, Eka and Darmanto, S.Si., M.Si. (2022) Analisis Jalur (Path Analysis) Untuk Mengetahui Variabel yang Memengaruhi Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Shopee (Studi Pengguna Shopee Mahasiswa FMIPA Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Analisis jalur adalah salah satu metode analisis statistika berupa perkembangan dari metode analisis regresi oleh Sewall Wright pada tahun 1934. Analisis jalur merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengetahui pengaruh langsung, pengaruh tidak langsung, pengaruh total, pengaruh semu dan pengaruh tidak teranalisis antar variabel bebas dengan variabel bebas lainnya maupun antar variabel bebas dengan variabel terikat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui variabel yang memengaruhi minat beli online pada mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Brawijaya dengan brand ambassador, testimoni, harga, kepercayaan serta minat beli sebagai variabel mediasi. Data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuesioner secara online menggunakan jotform pada mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Brawijaya dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling menggunakan metode purposive sampling dan quota sampling. Data skor (diskrit) diubah menjadi Likert (kontinu) dengan metode SRS (Summated Rating Scale) dan dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil analisis jalur pada penelitian menunjukkan bahwa besarnya keragaman data yang dijelaskan oleh model sebesar 83% sedangkan 17% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang belum terdapat dalam model. Hasil analisis jalur yang didapatkan dari penelitian ini, yaitu variabel testimoni memiliki pengaruh paling besar terhadap kepercayaan pembelian mahasiswa FMIPA Universitas Brawijaya dan brand ambassador merupakan variabel yang perlu dipertimbangkan dan perlu ditingkatkan karena memiliki pengaruh paling besar terhadap minat beli mahasiswa FMIPA Universitas Brawijaya terhadap e-commerce shopee.
English Abstract
Path analysis is one of the methods of statistical analysis in the form of a development of the regression analysis method by Sewall Wright in 1934. Path analysis is a method used to determine direct influences, indirect influences, total influences, pseudo-influences and unanalyzed influences between free variables and other free variables and between free variables with bound variables. The purpose of this study is to find out the factors that influence online buying interest in students of the Faculty of Mathematics and Natural Sciences Universitas Brawijaya with brand ambassadors, testimonials, prices, trust and buying interest as mediation variables. The data used is primary data through the distribution of questionnaires online using jotform on students of the Faculty of Mathematics and Natural Sciences Universitas Brawijaya and the sampling technique used is nonprobability sampling using purposive sampling and quota sampling methods. The score data (discrete) is converted into Likert (continuous) by the SRS (Summated Rating Scale) method and analyzed using path analysis. The results of the path analysis in the study showed that the magnitude of the diversity of data described by the model was 83% while the remaining 17% was explained by other variables that were not yet contained in the model. The results of the path analysis obtained from this study, the testimonial variable has the greatest influence on the purchase confidence of FMIPA Universitas Brawijaya students and brand ambassadors are variables that need to be considered and need to be improved because they have the greatest influence on the buying interest of FMIPA Universitas Brawijaya students on shopee e-commerce.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052309 |
Uncontrolled Keywords: | Path Analysis, Brand Ambassador, Prices, Trust, Buying Interest, Testimonials. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika |
Depositing User: | Unnamed user with email prayoga |
Date Deposited: | 20 Jan 2024 15:05 |
Last Modified: | 20 Jan 2024 15:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212786 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Eka Retnoningati.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |