HUBUNGAN KEMAMPUAN MENYESUAIKAN DIRI TERHADAP INISIATIF PERTUMBUHAN DIRI PADA MAHASISWA PERANTAU DI KOTA MALANG

Assaifiy, Isy Zuhdan Nadhif and Dr. Ika WIdyarini, M.I.,H.R.,Psi (2023) HUBUNGAN KEMAMPUAN MENYESUAIKAN DIRI TERHADAP INISIATIF PERTUMBUHAN DIRI PADA MAHASISWA PERANTAU DI KOTA MALANG. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manusia sejatinya memiliki sebuah potensi untuk bisa berkembang dan bahasan tentang pertumbuhan diri menjadi salah satu bahasan yang rame dibicarakan oleh banyak orang juga baik secara langsung atau lewat media sosial seperti Instagram dan juga Twitter, hal tersebut biasa disebut dengan personal growth atau pertumbuhan diri. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui tentang hubungan antara kemampuan penyesuaian di perguruan tinggi dengan inisiatif pertumbuhan diri yang dimiliki oleh mahasiswa perantau di Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan menggunakan alat ukur Personal Growth Initiative Scale (PGIS) II untuk mengukur inisiatif pertumbuhan diri dan Student Adaptation to College Questionnaire (SCAQ) yaitu skala untuk mengukur kemampuan penyesuaian diri khusus untuk mahasiswa di perguruan tinggi. Kedua skala yang digunakan berbahasa Inggris maka diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia sesuai dengan ketentuan yang baik, benar, dan sah. Teknik analisis statistika yang digunakan adalah Pearson Correlation dengan bantuan perangkat lunak JASP versi 16.4. Hasil dari penelitian ini diperoleh data bahwa terdapat hubungan yang tidak signifikan antara penyesuaian di perguruan tinggi dengan inisiatif pertumbuhan diri mahasiswa perantau di Kota Malang dengan taraf signifikansi sebesar 0.061. Temuan ini menandakan bahwa meskipun tidak signifikan kemampuan penyesuaian di perguruan tinggi masih perlu dimiliki mahasiswa perantau di Kota Malang agar dapat berkegiatan dengan mudah di lingkungan baru.

English Abstract

Humans actually have the potential to be able to develop and discussion of self�growth is one of the topics that many people talk about either in person or via social media such as Instagram and Twitter, this is commonly referred to as personal growth or self-growth. This study aims to determine the relationship between adjustment abilities in tertiary institutions and self-growth initiatives owned by overseas students in Malang City. The method used in this research is quantitative correlation using the Personal Growth Initiative Scale (PGIS) II measuring instrument to measure self-growth initiatives and the Student Adaptation to College Questionnaire (SCAQ), which is a scale to measure the ability to adapt specifically to college students. The two scales used in English are then translated into Indonesian in accordance with good, correct and valid provisions. The statistical analysis technique used is Pearson Correlation with the help of JASP software version 16.4. The results of this study obtained data that there was no significant relationship between self-adjustment in tertiary institutions and the self-growth initiatives of overseas students in Malang City with a significance level of 0.061. This finding indicates that even though it is not significant, the ability to adapt in tertiary institutions is still needed by overseas students in Malang City so that they can carry out activities easily in a new environment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052311
Uncontrolled Keywords: penyesuaian di perguruan tinggi, inisiatif pertumbuhan diri, mahasiswa, merantau
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Unnamed user with email gaby
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:24
Last Modified: 19 Jan 2024 08:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212627
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ISY ZUHDAN NADHIF ASSAIFY.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item