Perancangan Kontroler PI Plus Rangkaian Resonansi untuk Penekanan Ripple Pada Arus DC Motor Traksi Kereta Cepat dengan Metode Symmetrical Optimum,

Putra, Vicky Pramana and Mochammad Rusli,, Dr. Dipl.-Ing. Ir. and Muhammad Aziz Muslim,, S.T., M.T., Ph.D. (2023) Perancangan Kontroler PI Plus Rangkaian Resonansi untuk Penekanan Ripple Pada Arus DC Motor Traksi Kereta Cepat dengan Metode Symmetrical Optimum,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang sistem pengendali Proportional-Integral-Resonant (PIR) yang digunakan untuk mengendalikan motor induksi tiga fasa supaya keluaran kecepatan memiliki stabilitas dan dapat mereduksi ripple pada keluaran arus DC. Penelitian ini juga membahas teknik modulasi yang digunakan untuk mengontrol switching pada rectifier menggunakan metode Space Vector Pulse-Width Modulation (SVPWM), di mana arus dan tegangan tiga fasa direpresentasikan dalam koordinat sinkronus putar. Dalam strategi kontrol ini, digunakan kontrol vektor yang mendukung teknik modulasi SVPWM untuk memberikan keluaran tegangan DC yang optimal. Untuk mendapatkan desain pengendali yang optimal, dilakukan tuning parameter gain pada kaskade pengendali kecepatan, flux, dan torsi menggunakan metode symmetrical optimum. Pengujian simulasi menggunakan software MATLAB/Simulink untuk menunjukkan stabilitas keluaran kecepatan dan keluaran arus DC motor induksi tiga fasa. Motor induksi tiga fasa dengan kontroler PIR menghasilkan keluaran lebih baik daripada kontroler PI dengan kecepatan 163.2 rad/s, mencapai kondisi steady state sebesar 0,317 sekon, terdapat overshoot,Error Steady State sebesar 2,39%.

English Abstract

This research discusses the Proportional-Integral-Resonant (PIR) control system used to regulate a three-phase induction motor, ensuring stability of the speed output and reducing ripple in the DC current output. The study also covers the modulation techniques employed to control the switching of the rectifier using the Space Vector Pulse-Width Modulation (SVPWM) method, where the three-phase current and voltage are represented in synchronous rotating coordinates. In this control strategy, a vector control with SVPWM modulation technique is utilized to achieve optimal DC voltage output. To obtain an optimal controller design, parameter gain tuning is performed on the speed, flux, and torque control cascade using the symmetrical optimum method. Simulation testing is carried out using MATLAB/Simulink software to demonstrate the stability of the speed output and the DC current output of the three-phase induction motor. The three-phase induction motor with the PIR controller yields better results compared to the PI controller, achieving a speed of 163.2 rad/s, reaching a steady-state condition within 0.317 seconds, exhibiting overshoot, and a steady-state error of 2.39%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052307
Uncontrolled Keywords: Motor induksi tiga fasa, Kontroler PIR, Direct Torque Control , symmetrical optimum
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:51
Last Modified: 22 Jan 2024 06:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212625
[thumbnail of DALM MASA EMBARGO] Text (DALM MASA EMBARGO)
Vicky Pramana Putra.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item