Pengaruh Pemasaran Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2019/2020, 2020/2021, 2021/2022, 2022/2023 Pengguna Aplikasi Tiktok dan Pernah Melakukan Pembelian Produk Implora Cosmetics)

Anggita,, Yuni and P Prof. Drs. Achmad Fauzi DH,, MA. (2023) Pengaruh Pemasaran Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2019/2020, 2020/2021, 2021/2022, 2022/2023 Pengguna Aplikasi Tiktok dan Pernah Melakukan Pembelian Produk Implora Cosmetics). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi digital dan hadirnya internet menciptakan perubahan bagi bidang pemasaran. Proses pemasaran yang bersifat tradisional kini menjadi pemasaran berbasis digital. Kemajuan ini menciptakan peluang juga tantangan baru bagi para pelaku bisnis. Salah satu bentuk strategi pemasaran melalui internet yang akhir-akhir ini banyak digunakan adalah Pemasaran Media Sosial. Salah satu perusahaan yang menggunakan Social Media sebagai sarana pemasaran adalah Implora Cosmetics. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Pemasaran Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Menggunakan Aplikasi TikTok dan Pernah Melakukan Pembelian Produk Implora Cosmetics)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Pemasaran Media Sosial yang terdiri dari variabel Content Creation (X1), Content Sharing (X2), Connecting (X3), dan Community Building (X4) terhadap Keputusan Pembelian (Y) secara simultan dan parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory research. Populasi penelitian ini merupakan Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Menggunakan Aplikasi TikTok. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 116 orang responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Pengolahan data menggunakan software SPSS versi 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel variabel Content Creation (X1), Content Sharing (X2), Connecting (X3), dan Community Building (X4) berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Variabel variabel Content Creation (X1), Content Sharing (X2), Connecting (X3), dan Community Building (X4) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Keputusan Pembelian. Berdasarkan hasil penelitian, Implora Cosmetics sebaiknya terus meningkatkan Pemasaran Media Sosial yang dilakukan karena dapat berdampak positif terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.

English Abstract

The development of digital technology and the presence of the internet creates changes for the marketing field. The traditional marketing process is now digital-based marketing. This progress creates new opportunities as well as challenges for business people. One form of marketing strategy through the internet that has recently been widely used is Social Media Marketing. One company that uses Social Media as a marketing tool is Implora Cosmetics. Based on this, the researcher is interested in conducting a study entitled "The Effect of Social Media Marketing on Purchasing Decisions (Survey on Undergraduate Students of the Faculty of Administrative Sciences, Brawijaya University who Use the TikTok Application and Have Purchased Implora Products)". The purpose of this study was to determine and explain the effect of Social Media Marketing which consists of the variables Content Creation (X1), Content Sharing (X2), Connecting (X3), and Community Building (X4) on the Purchasing Decision Structure (Y) simultaneously and partially. This study uses a quantitative approach with explanatory research methods. The population of this study were undergraduate students of the Faculty of Administrative Sciences, Brawijaya University who used the TikTok application. The sampling technique used purposive sampling with a sample size of 116 respondents. The data collection method was carried out by distributing questionnaires. Data processing using SPSS version 29. The results of this study indicate that simultaneously the variables Content Creation (X1), Content Sharing (X2), Connecting (X3), and Community Building (X4) have a significant effect on the Purchasing Decision variable (Y). The variables Content Creation (X1), Content Sharing (X2), Connecting (X3), and Community Building (X4) have a significant effect partially on the Purchasing Decision variable. Based on the research results, Implora Cosmetics should continue to improve its Social Media Marketing because it can have a positive impact on Consumer Purchasing Decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052303
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Media Sosial, Keputusan Pembelian, Implora Cosmetics.-Social Media Marketing, Purchase Decision, Implora Cosmetics.
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username suprihatin
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:59
Last Modified: 19 Jan 2024 07:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212583
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
yuni anggita.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item