Strategi Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Pulau Morotai (Studi Pada Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara)

Muraji, Iwan and Firda Hidayati,, S.Sos., MPA., DPA and Dr. Niken Lastiti, V.A, SAP., MAP (2023) Strategi Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Pulau Morotai (Studi Pada Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pengembangan pariwisata serta analisis faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Pulau Morotai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubermen yang terdiri dari, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan veifikasi data. Hasil penelitian menunjukan, Dinas Pariwisata belum maksimal dalam pelaksanaan strategi pengembangan pariwisata jika dilihat dari pengembangan unsur strategi pengembangan destinasi (pengembangan daya tarik, Aksesibilitas dan Amenitas), pengembangan pemasaran melalui konsep marekting mix (Product, Place, Price and Promotion) serta pengembangan sumber daya manusia melalui: perekrutan, pelatihan, sistem penggajian dan kondisi kerja. Hal ini berdampak pada rendahnya kunjungan wisatawan, tidak tercapainya pendapatan asli daerah sektor pariwisata, dan rendahnya kualitas sumber daya manusia. Hal ini dapat terjadi karena Dinas Pariwisata belum berkolaborsi dengan privat sektor untuk pemanfaatan kawasan wisata, serta pemasaran pariwisata. Pengembangan sumber daya manusia melalui konsep pelatihan juga belum mampu menjawab problem masyarakat dalam melakukan diversifikasi produk wisata. Dinas Pariwisata juga belum mampu menjembatani problem konektivitas antar wilayah untuk mempermudah aksesibilitas wisatawan menuju ke Pulau Morotai. Penelitian ini disarankan kepada Dinas Pariwisata untuk bekerja sama dengan privat sektor dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Pulau Morotai. Dalam bentuk pengelolaan fasilitas wisata serta kerja sama dalam pemasaran pariwisata dengan mensinergikan komponen-komponen dalam marketing mix serta menjembatani hambatan dalam konektivitas antar wilayah. Untuk pengembangan sumber daya manusia Dinas Pariwisata dapat mendesain ulang mekanisme dan standar dalam program pelatihan yang lebih diarahkan pada melatih skill interpreneur pelaku usaha pariwisata dalam berinovasi dengan menggunakan produk-produk lokal.

English Abstract

This research aims to describe the tourism development strategy and analyze the supporting factors and inhibiting factors in tourism development in Morotai Island Regency. The method used in this study is descriptive qualitative, with data collection methods through observation, interviews, and documentation. The data analysis technique uses the Miles and Huberman models, consisting of data collection, reduction, presentation, and verification. The results of the study show that the Tourism Office has not maximized the implementation of the tourism development strategy when viewed from the development of the elements of the destination development strategy (development of attractiveness, accessibility, and amenities), marketing development through the concept of the marketing mix (Product, Place, Price, and Promotion) as well as resource development human beings through recruiting, training, pay systems and working conditions. This impacts low tourist arrivals, failure to achieve regional original income in the tourism sector, and low�quality human resources. This can happen because the Tourism Office has not collaborated with the private sector to utilize tourist areas and tourism marketing. The development of human resources through training has also yet to be able to answer the community's problems in diversifying tourism products. The Tourism Office has also not been able to bridge connectivity problems between regions to facilitate the accessibility of tourists to Morotai Island. This research is suggested to the Department of Tourism to cooperate with the private sector in tourism development in Morotai Island Regency. In the form of managing tourism facilities and cooperation in tourism marketing by synergizing the components in the marketing mix and bridging obstacles in inter�regional connectivity. For the development of human resources, the Tourism Office can redesign the mechanisms and standards in the training program, which are more directed at training the entrepreneurial skills of tourism business actors in innovating using local products

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423030076
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan Pariwisata, Pulau Morotai
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:31
Last Modified: 24 Jan 2024 06:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212580
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Iwan Muraji.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item