Berliana,, Yosefin Metha and Dr., Drs. Edy Yulianto,, MP. (2023) Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Pattaya Corner Kota Salatiga). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan dari ekonomi dan bisnis di seluruh penjuru dunia saat ini sudah meningkat dengan sangat pesat, hal tersebut mempengaruhi persaingan pada dunia usaha yang juga semakin ketat. Adanya kebutuhan untuk mendapatkan informasi yang dapat memberi rekomendasi serta referensi terkait makanan dan minuman, hal tersebut mewajibkan pelaku usaha bidang makanan dan minuman untuk berlomba-lomba menciptakan strategi pemasaran secara menarik dan dapat menyampaikan informasi produk yang dijual secara lengkap. Strategi yang dapat dilakukan untuk mempertahankan eksistensi suatu bisnis adalah dengan menerapkan viral marketing dengan baik dan benar. Pattaya Corner merupakan usaha minuman boba yang berasal dari Kota Salatiga, Jawa Tengah. Akun resmi Instagram Pattaya Corner adalah @pattayacorner, dimana juga merupakan sarana pemasaran produk mereka pada konsumen di Salatiga serta sekitarnya. Akun resmi inilah yang menjadikan para konsumen tujuan untuk mencari informasi tentang produk. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengkaji apakah viral marketing memiliki pengaruh pada kepercayaan konsumen dan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Rumusan masalah yang dikaji oleh peneliti yaitu: (1) Apakah viral marketing berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen? (2) Apakah viral marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian? (3) Apakah kepercayaan konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian? Data primer diperoleh dari pengikut Instagram @pattayacorner yang pada tahun ini berumur minimal 17 tahun, dan pernah melakukan pembelian produk dalam satu tahun terakhir. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner melalui pesan Instagram. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Viral marketing berpengaruh signifikan terhadap Kepercayaan Konsumen (2) Viral marketing berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (3) Kepercayaan Kosnumen berpengaruh signifikan terhadap Kpeutusan Pembelian.
English Abstract
The development of the economy and business around the world is currently increasing very rapidly, the affect competition in the business world is also getting tougher. There is a need to obtain information that can provide recommendations and references related to food and beverages, this requires business actors in the food and beverage sector to compete in creating attractive marketing strategies and be able to convey complete information on products being sold. The strategy that can be used to maintain the existence of a business is to apply viral marketing properly and correctly. Pattaya Corner is a boba drink business originaly from the City of Salatiga, Central Java. Pattaya Corner's official Instagram account is @pattayacorner, also a media for marketing the products to consumers in Salatiga and its surroundings. This official account makes consumers find information about products. Therefore, this study will examine whether viral marketing influences consumer trust and purchasing decisions. This research uses explanatory research method with a quantitative approach. The formulation of the problems studied by researchers are: (1) Does viral marketing have an effect on consumer trust? (2) Does viral marketing influence purchasing decisions? (3) Does consumer trust influence purchasing decisions? Primary data was obtained from Instagram followers @pattayacorner who were at least 17 years old this year, and had purchased products in the last year. The data collection technique was carried out by distributing questionnaires via Instagram messages. Data analysis using descriptive analysis and path analysis. The results of this study indicate that (1) Viral marketing has a significant effect on Consumer Trust (2) Viral marketing has a significant effect on Purchasing Decisions (3) Consumer Trust has a significant effect on Purchasing Decisions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052303 |
Uncontrolled Keywords: | Viral Marketing, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian-Viral Marketing, Consumer Trust, Purchase Decision |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with username suprihatin |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 07:41 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 07:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212560 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yosefin Metha Berliana.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |