Peranan BIM Terhadap Peningkatan Knowledge Management Pada Kontraktor (Studi Kasus : Kontraktor BUMN Ber ISO 19650 BIM)

Utama, Singgih Fitra and Ir. Kartika Puspa Negara, ST., MT., Ph.D and Dr.Eng. Ir. Indradi W, ST., M.Eng.(Prac.) (2023) Peranan BIM Terhadap Peningkatan Knowledge Management Pada Kontraktor (Studi Kasus : Kontraktor BUMN Ber ISO 19650 BIM). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejumlah pemerintah telah mendorong penggunaan Building Information Modeling (BIM) di negaranya dengan komitmen yang diwujudkan dalam peraturan maupun badan pengawal aplikasi BIM. Di Indonesia, penerapan BIM saat ini mulai dilakukan pada Bangunan Gedung Negara (BGN) sesuai dengan amanat pemerintah Permen PUPR. BIM dapat dilihat sebagai inovasi yang memungkinkan organisasi untuk tetap kompetitif, strategi yang akan membawa tingkat kinerja inovasi yang lebih tinggi. Penelitian ini bermaksud untuk mengeksplorasi Knowledge Management (KM) sebagai alat dan bagaimana hal itu dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan elemen manusia dengan BIM seperti keterampilan dan kemampuan proses untuk adopsi teknologi yang efektif dalam mengotomatisasi siklus hidup proyek dalam organisasi Konstruksi. Selain itu studi ini yang menggunakan analisis kuantitatif untuk mengeksplorasi peranan BIM terhadap peningkatan KM dan bagaimana BIM dapat digunakan untuk memfasilitasi setiap proses KM pada kontraktor di Indonesia. Sasaran penelitian ini adalah perusahaan konstruksi besar Badan Usaha Milik Negera ber ISO 19650 di Indonesia. Metode pengumpulan data berupa kuisioner menggunakan skala likert dan wawancara terstruktur. Metode analisis deskriptif kualitatif dengan bantuan NVIVO untuk penggunaan BIM dapat memfasilitasi Knowledge Capture, Knowledge Storage, Knowledge sharing dan untuk mengetahui karakteristik dan keunggulan penggunaan BIM yang dapat mengatasi hambatan dan tantangan Knowledge Management. Sedangkan untuk mengetahui proses knowledge management apa yang dapat ditingkatkan dengan penggunaan BIM dan pengaruh penggunaan BIM terhadap efektifitas knowledge management digunakan metode kuisioner yang berskala Likert selanjutnya diolah menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan BIM dapat memfasilitasi knowledge capture, knowledge storage, knowledge sharing pada seluruh fase proyek secara penuh dengan mengurangi kehilangan pengetahuan karena selang waktu, pengetahuan yang dibuat dalam suatu proyek terpusat dalam satu model, Pelajaran atau pengetahuan dapat dikelompokkan sesuai preferensi pengguna BIM. Proses manajemen pengetahuan yang dapat ditingkatkan dengan penggunaan BIM adalah Knowledge Storage, Knowledge Retrieval and Accessibility, Decision Support. Pengaruh penggunaan BIM memfasilitasi efektifitas knowledge management berpengaruh signifikan dan menunjukkan hubungan yang positif. Dengan memanfaatkan karakteristik dan kelebihan tersebut, BIM dapat mengatasi kendala dan tantangan dalam Knowledge Management. BIM mempromosikan manajemen data terpusat, integrasi informasi, pemodelan parametrik, visualisasi dan simulasi, kolaborasi dan komunikasi, analisis data, dan pengambilan pelajaran. Kemampuan ini meningkatkan berbagi pengetahuan, meningkatkan pengambilan keputusan, memungkinkan pemecahan masalah secara proaktif, dan mendorongpeningkatan berkelanjutan dalam proses manajemen pengetahuan dalam proyek konstruksi.

English Abstract

Several governments have encouraged Building Information Modeling (BIM) in their countries with commitments embodied in BIM regulations and application control bodies. In Indonesia, the application of BIM is currently starting to be carried out on State House Building (BGN) following the government mandate of the Minister of Public Works and Housing. BIM is an innovation that allows an organization to remain competitive, a strategy that will bring higher innovation performance. This research explores Knowledge Management (KM) as a tool and how it can be utilized to develop human elements with BIM, such as process skills and capabilities for effective technology adoption in automating project life cycles in Construction organizations. In addition, this study uses quantitative analysis to explore the role of BIM in KM improvement and how BIM can facilitate any KM process for contractors in Indonesia. This research targets a large State-Owned Construction Companies of ISO 19650 in Indonesia. The data collection method is in the form of questionnaires using Likert scales and structured interviews. Qualitative descriptive analysis methods with the help of NVIVO for the use of BIM can facilitate Knowledge Capture, Knowledge Storage, and Knowledge share and discover the characteristics and advantages of using BIM that can overcome obstacles and challenges of Knowledge Management. Meanwhile, to find out what knowledge management processes can be improved by using BIM and the effect of BIM on the effectiveness of knowledge management, a Likert-scale questionnaire method is used, then processed using the Partial Least Square (PLS) method. The results of this study show that BIM can facilitate knowledge capture, knowledge storage, and knowledge share in all phases of the project in full by reducing knowledge loss due to time lapse, knowledge created in a project is centralized in one model, Lessons or knowledge can be grouped according to BIM user preferences. Knowledge management processes that can be improved using BIM are Knowledge Storage, Knowledge Retrieval and Accessibility, and Decision Support. Using BIM facilitates the effectiveness of knowledge management, has a significant effect, and shows a positive relationship. BIM can overcome obstacles and challenges in Knowledge Management by utilizing these characteristics and advantages. BIM promotes centralized data management, information integration, parametric modeling, visualization and simulation, collaboration and communication, data analysis, and lesson-taking. These capabilities enhance knowledge sharing, improve decision-making, enable proactive problem-solving, and drive continuous improvement in knowledge management processes in construction projects.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 052307
Uncontrolled Keywords: Knowledge Management, BIM, implementasi, hambatan, perusahaan Konstruksi-Knowledge Management, BIM, Implementation, Obstacles, Construction company
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Emy Sukartini
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:42
Last Modified: 19 Jan 2024 07:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212551
[thumbnail of Dalam masa EMBARGO] Text (Dalam masa EMBARGO)
Singgih Fitra U.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item