Studi Eksperimental Perilaku Lentur Baja Cold-Formed Tipe C Double (Berhadapan) dengan Pengaruh Jarak Sekrup dan Tebal Profil

Damayanti, Ardiyanti Vira and Dr. Eng. Ir. Desy Setyowulan, ST., M.Sc and Dr. Eng. Ir. Eva Arifi, ST., MT., (2022) Studi Eksperimental Perilaku Lentur Baja Cold-Formed Tipe C Double (Berhadapan) dengan Pengaruh Jarak Sekrup dan Tebal Profil. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Baja cold-formed menjadi bahan bangunan alternatif seiring dengan persediaan kayu yang semakin menipis. Aplikasi baja cold-formed sering digunakan pada elemen struktur rangka atap, tangga bahkan jembatan. Tetapi, kelemahan struktur baja cold-formed adalah tekuk lokal yang disebabkan tipisnya elemen penampang. Salah satu cara mengurangi tekuk lokal adalah menggabungkan dua profil menjadi satu menggunakan sambungan sekrup. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh variasi jarak sekrup dan variasi tebal profil terhadap kapasitas beban lentur maksimum dan lendutan pada balok baja cold-formed serta pola kegagalan balok baja cold-formed akibat beban lentur. Pada penelitian ini, baja cold-formed tipe C double disusun berhadapan yang diberi beban lentur dengan variasi jarak sambungan sekrup dan variasi tebal profil. Profil yang digunakan yaitu profil C75 dengan ketebalan 0,75 mm dan ketebalan 1,00 mm serta mutu profil G550. Konfigurasi jarak sekrup yang digunakan dalam penelitian antara lain 150 mm, 200 mm, 250 mm, 300 mm, dan 350 mm. Penelitian ini menggunakan sejumlah 30 benda uji yang terdiri dari 10 jenis benda uji dengan perulangan sebanyak 3 kali pada setiap benda uji. Penelitian baja cold-formed tipe C double disusun berhadapan yang diberi beban lentur dengan variasi jarak sambungan sekrup dan variasi tebal profil menghasilkan output berupa beban maksimum, lendutan dan pola kegagalan pada balok baja cold-formed. Beban maksimum rata – rata benda uji dengan tebal profil 0,75 mm sebesar 961 kg dan benda uji dengan tebal profil 1,00 mm sebesar 1219 kg. Peningkatan beban maksimum rata-rata antara profil dengan ketebalan 0,75 mm dan 1,00 mm sebesar 27%. Lendutan ratarata benda uji dengan dengan tebal profil 0,75 mm sebesar 6,05 mm dan benda uji dengan tebal profil 1,00 mm sebesar 4,52 mm. Penurunan lendutan rata-rata antara profil dengan ketebalan 0,75 mm dan 1,00 mm sebesar 25%. Hasil penelitian membuktikan semakin rapat jarak sekrup, maka semakin besar beban maksimum dan lendutan yang terjadi. Selain itu, didapat juga semakin tebal ketebalan profil dapat meningkatan beban maksimum tetapi nilai lendutan maksimum yang terjadi semakin kecil. Pola kegagalan yang terlihat pada benda uji dengan tebal profil 0,75 mm dan 1,00 mm adalah tekuk lokal.

English Abstract

Cold formed steel is becoming an alternative building material as the supply of wood is running low. Cold formed steel applications are often used in roof truss structural elements, stairs and even bridges. However, the weakness of cold formed steel structure is local buckling caused by thin cross-sectional elements. One way to reduce local buckling is to join the two profiles together using screw connections. The purpose of this study was to determine the effect of screw spacing and profile thickness variations on the maximum flexural load capacity and deflection of cold-formed steel beams and failure patterns of cold-formed steel beams due to bending loads. In this study, cold-formed steel type C double was arranged facing each other which was given a flexural load with variations in screw connection distances and variations in profile thickness. The profile used is the C75 profile with a thickness of 0.75 mm and a thickness of 1.00 mm and the quality of the G550 profile. The screw spacing configurations used in this study were 150 mm, 200 mm, 250 mm, 300 mm, and 350 mm. This study used a number of 30 specimens consisting of 10 types of specimens with 3 repetitions for each test object. The study of cold-formed steel type C double arranged face to face which was given a flexural load with variations in the distance of screw connections and variations in profile thickness resulted in output in the form of load capacity, deflection and failure pattern on cold-formed steel beams. The average maximum load of the test object with a profile thickness of 0.75 mm is 961 kg and the test object with a profile thickness of 1.00 mm is 1219 kg. The increase in the average maximum load between profiles with a thickness of 0.75 mm and 1.00 mm is 27%. The average deflection of the specimen with a profile thickness of 0.75 mm is 6.05 mm and the specimen with a profile thickness of 1.00 mm is 4.52 mm. The decrease in average deflection between profiles with a thickness of 0.75 mm and 1.00 mm is 25%. The results of the study prove that the closer the screw spacing, the greater the maximum load and deflection that occurs. In addition, it is also found that the thicker the thickness of the profile can increase the maximum load but the value of the maximum deflection that occurs is getting smaller. The failure pattern seen in the test specimens with a profile thickness of 0.75 mm and 1.00 mm is local buckling

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052207
Uncontrolled Keywords: Baja Cold-Formed, Uji Lentur, Konfigurasi Jarak Sekrup, Tebal Profil, Beban dan Lendutan-Cold-Formed Steel, Bending Test, Screw Spacing Configuration, Profile Thickness, Load and Deflection
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:31
Last Modified: 23 Jan 2024 08:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212469
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ardiyanti Vira Damayanti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item