Pengaruh Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee (Survei Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Angkatan 2020 Universitas Brawijaya)

Nasution, Indra Firdaus and Dr. Sunarti,, S.Sos., MAB. (2023) Pengaruh Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee (Survei Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Angkatan 2020 Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang sedemikian cepatnya telah membawa dunia memasuki era baru yang lebih cepat dari yang pernah dibayangkan sebelumnnya. Meningkatnya transaksi berbelanja online di Indonesia tidak lepas dengan semakin banyaknya pemakai internet. Begitu pula halnya dengan pembeli di aplikasi shopee, dengan berbelanja secara online konsumen jadi lebih mudah berbelanja karena hampir rata-rata produk yang ingin di beli konsumen tersedia di aplikasi Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah kepercayaan dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Shopee pada Mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis Angkatan 2020 Universitas Brawijaya. Hasil analisis regresi sederhana menggunakan IBM SPSS Statistics 26 menghasilkan persamaan Y =15,030 + 0,619X. Berdasarkan persamaan tersebut dapat diartikan bahwa Kepercayaan memberikan pengaruh terhadap Keputusan Pembelian sebesar 0,619 (61,9%). Berdasarkan hasil uji t, nilai hitung sebesar 8,651 dan Ha diterima. Hasil dari penelitian ini adalah kepercayaan memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee pada mahasiswa Prodi Adiministrasi Bisnis Universitas Brawijaya. Tingkat kepercayaan responden terhadap marketplace Shopee dapat disimpulkan cukup baik.Shopee memiliki jaminan yang diberikan untuk konsumen yaitu salah satunya dengan bentuk layanan bahwa konsumen berhak mendapatkan garansi pengembalian uang jika barang yang diterima tidak sesuai dengan yang di-pesan. Sebaiknya pelaku usaha pada portal e�commerce Shopee untuk terus meningkatkan pelayanan, kualitas produk dan terus membangun kepercayaan konsumen dalam menggunakan jasa Shopee sehingga dapat mengurangi risiko yang mungkin dialami oleh para pelaku usaha dan konsumen.

English Abstract

The rapid development of information technology has brought the world into a new era that is faster than ever imagined before. Increased shopping transactionsonline in Indonesia can not be separated from the increasing number of internet users. Likewise with buyers in the shopee application, by shopping onlineonline consumers make it easier to shop because almost the average product that consumers want to buy is available in the Shopee application. This study aims to analyze whether trust can affect purchasing decisions onMarketplace Shopee for Business Administration Study Program Students Class of 2020 Universitas Brawijaya. The results of a simple regression analysis using IBM SPSS Statistics 26 produce the equation Y = 15.030 + 0.619X. Based on this equation, it can be interpreted that Trust has an influence on Purchase Decisions of 0.619 (61.9%). Based on the results of the t test, the calculated value is 8.651 and Ha is accepted. The result of this study is that trust has a significant influence on purchasing decisions inmarketplace Shopee for students of Business Administration Study Program, Universitas Brawijaya. The level of confidence of respondents tomarketplace Shopee can be concluded quite well. Shopee has a guarantee that is given to consumers, one of which is a form of service that consumers are entitled to a refund guarantee if the goods received do not match what was ordered. It is advisable for business actors on the Shopee e-commerce portal to continue to improve service, product quality and continue to build consumer confidence in using Shopee services so as to reduce risks that may be experienced by business actors and consumers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030856
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian, Marketplace
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:46
Last Modified: 24 Jan 2024 04:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212460
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Indra Firdaus Nasution.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item