Briliana, Ridha Nurlita and Ir. Wifqi Azlia, ST., MT., IPM. (2023) Perancangan Strategi dan Key Performance Indicator (KPI) Menggunakan Balanced Scorecard pada Toko Grosir (Studi Kasus: Sumber Jaya Grosir). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sumber Jaya Grosir yang merupakan salah satu perusahaan dagang di Malang dalam melakukan pengukuran kinerja hanya terfokus pada aspek keuangan yang belum dapat digunakan untuk menyimpulkan apakah kinerja perusahaan tersebut sudah termasuk dalam kategori baik atau belum karena belum mempertimbangkan aspek keseluruhan yang ada di perusahaan. Pada awal masa pandemi COVID-19 di tahun 2020, Sumber Jaya Grosir sempat mengalami penurunan laba. Disamping itu, toko Sumber Jaya Grosir mengalami peningkatan jumlah pelanggan tetap dan jumlah karyawan pada periode tersebut. Sedangkan pada puncak kasus COVID-19 harian yang terkonfirmasi pada tahun 2021, laba yang didapatkan Sumber Jaya Grosir mulai meningkat signifikan. Pihak manajemen toko Sumber Jaya Grosir mengalami kesulitan untuk mengetahui kinerja perusahaan karena selama 27 tahun beroperasi pihak manajemen hanya mengukur tingkat kinerja berdasarkan perspektif keuangan toko saja yaitu tingkat laba yang didapatkan. Diketahui bahwa Sumber Jaya Grosir belum memiliki visi, misi, tujuan strategis, dan indikator kinerja perusahaan secara terstruktur. Padahal, untuk mengetahui seberapa tingkat kinerja perusahaan adalah dengan mengukur pencapaian kinerja terhadap target yang ditentukan. Maka dari itu, dilakukan penelitian untuk merancang visi dan misi serta tujuan yang selanjutnya digunakan untuk menentukan strategi dalam mewujudkan target perusahaan dengan menerapkan empat perspektif Balanced Scorecard. Target perusahaan tersebut kemudian dituangkan ke dalam beberapa key performance indicator. Hasil penelitian ini yaitu didapatkan 27 PI awal yang diajukan untuk divalidasi dan didapatkan 20 PI yang valid, yaitu 5 PI perspektif keuangan, 4 PI perspektif pelanggan, 7 PI perspektif proses bisnis internal, dan 4 PI perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Dari keempat perspektif ditentukan KPI dan tingkat prioritas dan bobot tiap indikator kinerja untuk memudahkan pihak manajemen mengalokasikan sumber dayanya dalam rangka meningkatkan kinerja toko Sumber Jaya Grosir. Didapatkan 3 KPI akhir dari usulan PI awal perspektif keuangan yaitu pertumbuhan laba bersih (K1) dengan bobot 0,505; pertumbuhan laba kotor (K2) dengan rasio 0,202; dan rasio kas (K3) dengan bobot 0,180. Pada perspektif pelanggan didapatkan 2 KPI yaitu indeks kepuasan pelanggan (P1) dengan bobot 0,423 dan jumlah komplain pelanggan yang terselesaikan dengan bobot 0,392. Pada perspektif proses bisnis internal didapatkan 5 KPI yaitu tingkat ketepatan stok fisik dibandingkan di sistem (PBI2) dengan bobot 0,314; jumlah kegiatan pengecekan stok opname (PBI3) dengan bobot 0,140; jumlah insiden pencurian (PBI8) dengan bobot 0,230; tingkat pengembalian barang kepada supplier (PBI10) dengan bobot 0,093; dan tingkat keberhasilan pengiriman pesanan (PBI12) dengan bobot 0,105. Kemudian pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran didapatkan 2 KPI yaitu tingkat turnover karyawan (PP3) dengan bobot 0,221 dan tingkat kepuasan karyawan (PP4) dengan bobot 0,532.
English Abstract
Sumber Jaya Grosir, one of the retail company in Malang, focuses solely on financial aspects when assessing its performance, which is insufficient to determine whether the company's overall performance is categorized as good or not, as it fails to consider other aspects within the company. At the beginning of the COVID-19 pandemic in 2020, Sumber Jaya Grosir experienced a decline in profits. However, the number of loyal customers and employees increased during that period. Furthermore, during the peak of confirmed daily COVID-19 cases in 2021, Sumber Jaya Grosir's profits began to increase significantly. The management of Sumber Jaya Grosir has difficulty assessing the company's performance because they have only measured performance based on the store's financial perspective, specifically the level of profit, for the past 27 years.It is known that Sumber Jaya Grosir does not yet have a structured vision, mission, objectives, strategies, and performance indicators for the company. However, to determine the level of company performance, it is necessary to measure the achievement of performance against the predetermined targets. Therefore, research was conducted to design a vision and mission as well as objectives to be used to determine the strategy in achieving the company's targets by applying the Balanced Scorecard's four perspectives. The company's targets were then translated into several key performance indicators. The results of this study obtained 27 initial KPIs proposed for validation, and 20 valid KPIs were obtained; 5 financial perspective’s KPIs, 4 customer perspective’s KPIs, 7 internal business process perspective’s KPIs, and 4 growth and learning perspective’s KPIs. From these four perspectives, KPIs were determined, and the level of priority and weight of each performance indicator were established to facilitate the management's allocation of resources to improve the performance of the company. Three final KPIs were obtained from the proposed initial KPIs in the financial perspective; net profit growth (K1) with a weight of 0.505, gross profit growth (K2) with a ratio of 0.202, and cash ratio (K3) with a weight of 0.180. Customer perspective, two KPIs were obtained; customer satisfaction index (P1) with a weight of 0.423 and the number of resolved customer complaints with a weight of 0.392. Internal business process perspective, five KPIs were obtained; accuracy of physical stock compared to the system percentage (PBI2) with a weight of 0.314, number of stock-taking activities (PBI3) with a weight of 0.140, number of theft incidents (PBI8) with a weight of 0.230, return of goods to suppliers percentage (PBI10) with a weight of 0.093, successful order delivery percentage (PBI12) with a weight of 0.105. From growth and learning perspective, two KPIs were obtained; employee turnover rate (PP3) with a weight of 0.221 and employee satisfaction rate (PP4) with a weight of 0.532.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052307 |
Uncontrolled Keywords: | Tujuan Strategis, Kinerja, Key Performance Indicator, Balanced Scorecard, Strategy Objective, Performance, Key Performance Indicator, Balanced Scorecard. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Zainul Mustofa |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 06:14 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 06:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212444 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ridha Nurlita Briliana.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |