Departemen Ilmu Administrasi Bisnis, Konsentrasi Manajemen Pemasaran, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas BrawijayaMalang, “Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei pada Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Kota Blitar)”

Hastuti,, Widya Tri and Prof. Drs. Achmad Fauzi DH,, MA, (2023) Departemen Ilmu Administrasi Bisnis, Konsentrasi Manajemen Pemasaran, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas BrawijayaMalang, “Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei pada Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Kota Blitar)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara empat variabel bebas dari Manajemen Hubungan Pelanggan yang terdiri dari Identifikasi (X1), Diferensiasi (X2), Interaksi (X3), dan Kostumisasi (X4) terhadap variabel terikat Loyalitas Pelanggan (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif dimana penelitian dilakukan di PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Kota Blitar. Keseluruhan variabel dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan skala Likert. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 116 orang responden yaitu nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Kota Blitar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling. Jenis data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Pengujian instrumen dilakukan dengan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Analisis data yang digunakan yaitu Analisis Deskriptif dan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan Analisis Regresi Linier Berganda diperoleh hasil Rsquare (Koefisien Determinasi) sebesar 0,736 artinya bahwa 73,6% variabel Loyalitas Pelanggan (Y) diepngaruhi oleh Manajemen Hubungan Pelanggan (X) sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan nilai signifikansi F (0,000 < α = 0,05), maka hal ini menunjukkan bahwa perhitungan Manajemen Hubungan Pelanggan yang terdiri dari Identifikasi (X1), Diferensiasi (X2), Interaksi (X3), dan Kostumisasi (X4) adalah signifikan.

English Abstract

This research was aimed to determine the relationship between four independent variables of Customer Relationship Management consist of Identify (X1), Differentiate (X2), Interact (X3), and Customize (X4) towards Customer Loyalty (Y). The type of this research is explanatory research with quantitative method where the research was conducted at Branch Office PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) in Blitar City. All variables in this research were measured using a Likert scale. The number of samples used on this research was 116 respondent of customer Branch Office PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) in Blitar City. Type of data in this research divided into two, primary data and secondary data. Methods of data collection by distributing questionnaires. Instrument testing is carried out by Validity Test and Reliability Test. Data analyst using Descriptive Analysis and Multiple Linear Regression Analysis. The result of this research based on Multiple Linier Regression Analysis, the Rsquare (Determination Coefficient) result was 0,736, shows that 73,6% of the Customer Loyalty (Y) is affected by Customer Relationship Management (X), while the rest is influenced by other variables that not discussed in the research. Based on the significance value of F (0,000 < α = 0,05) indicates that the calculation of Customer Relationship Management consists of Identify (X1), Differentiate (X2), Interact (X3), and Customize (X4) are significant.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052303
Uncontrolled Keywords: Manajemen Hubungan Pelanggan, Identifikasi, Diferensiasi, Interaksi, Kostumisasi, Loyalitas Pelanggan-Customer Relationship Management, Identify, Differentiate, Interact, Customize, Customer Loyalty.
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username suprihatin
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:09
Last Modified: 19 Jan 2024 04:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212405
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Widya Tri Hastuti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item