Permatasari, Indah Novi and Niken Lastiti, V.A., S.AP., M.AP and Muhammad Rizki Pratama.,, S.IAN., MPA (2023) Pengaruh Literasi Digital dan Media Digital Terhadap Perilaku Penemuan Informasi Kecantikan (Studi Pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Tahun 2023). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Hampir setiap manusia memiliki kebutuhan yang semakin kompleks dan beragam, tidak hanya kebutuhan papan, sandang maupun pangan melainkan kebutuhan akan suatu informasi sebagai masyarakat modern. Sikap selektif terhadap informasi yang didapat sangat diperlukan karena tidak semua informasi itu benar. Luasnya penyebaran informasi memungkinkan hoaks mudah tersebar di masyarakat bisa memberikan dampak buruk terutama informasi kecantikan perempuan. Pemanfaatan media baru atau media digital mendorong pemenuhan kebutuhan informasi yang meluas bagi para perempuan dalam mengkonsumsi informasi kecantikan. Di era digital ini, pemanfaatan media baru dalam menemukan informasi harus diimbangi dengan literasi digital. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Dalam penelititan ini menggunakan populasi mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang dengan jumlah sampel sebanyak 261 responden. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh literasi digital (X1) terhadap perilaku penemuan informasi (Y) kecantikan secara parsial dengan nilai t-hitung > t-tabel yaitu 8,887 > 1,969. Terdapat pengaruh media digital (X2) terhadap perilaku penemuan informasi (Y) kecantikan secara parsial dengan nilai t-hitung t-tabel yaitu 5,843 > 1,969. Terdapat pengaruh literasi digital (X1) dan media digital (X2) terhadap perilaku penemuan informasi (Y) kecantikan secara simultan dengan nilai F-hitung > F-tabel, yaitu 122,693 > 2,639. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara literasi digital dan media digital terhadap perilaku penemuan informasi kecantikan pada mahasiswa. Hal ini dikarenakan kombinasi antara literasi digital dan media digital sangat membantu mewujudkan perilaku penemuan informasi yang baik dimana mahasiswa dapat menghindari dari informasi hoaks dengan kemampuan literasi digital yang dimiliki dan pemilihan dan pemanfaatan media digital yang baik dan bena
English Abstract
Almost every human being has needs that are increasingly complex and varied, not only for housing, clothing and food but also for information as a modern society. A selective attitude towards the information obtained is necessary because not all of the information is true. The breadth of information dissemination allows hoaxes to spread easily in society, which can have a negative impact, especially information on women's beauty. Utilization of new media or digital media encourages the fulfillment of widespread information needs for women in consuming beauty information. In this digital era, the use of new media in finding information must be balanced with digital literacy. This type of research uses research with a quantitative approach. The research method used in this study is a survey method. The location of this research was carried out at the Faculty of Administrative Sciences, University of Brawijaya, Malang. In this research using an active student population of the Faculty of Administrative Sciences, University of Brawijaya Malang with a total sample of 261 respondents. The results of this study show the effect of digital literacy (X1) on information discovery behavior (Y) of beauty partially with a t-count > t-table, namely 8.887 > 1.969. There is an influence of digital media (X2) on information discovery behavior (Y) of beauty partially with a t-count t-table value of 5.843 > 1.969. There is an influence of digital literacy (X1) and digital media (X2) on information discovery behavior (Y) of beauty simultaneously with F-count > F-table, namely 122.693 > 2.639. It can be concluded that there is an influence between digital literacy and digital media on beauty information discovery behavior in college students. This is because the combination of digital literacy and digital media really helps to realize good information discovery behavior where students can avoid hoax information with their digital literacy skills and the selection and use of good and correct digital media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030852 |
Uncontrolled Keywords: | Literasi Digital, Media Digital, Perilaku Penemuan Informasi, Kecantikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 03:28 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 03:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212367 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Indah Novi Permatasari.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (7MB) |
Actions (login required)
View Item |