Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Kopi Bersaudara Mojokerto

Arofayanti, Windy and Wisynu Ari Gutama,, SP., MMA. and Anisa Aprilia,, SP., MP., M.BA. (2022) Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Kopi Bersaudara Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perilaku mengonsumsi kopi sudah menjadi gaya hidup yang melekat pada masyarakat Indonesia, meskipun kopi bukan kebutuhan pokok. Motivasi yang dimiliki setiap individu merupakan faktor lain yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian kopi. Pandemi COVID-19 menjadi tantangan bagi konsumen penggemar kopi dengan adanya pembatasan sosial yang diatur oleh kebijakan pemerintah. Keadaan pandemic COVID-19 juga menjadi pengaruh terhadap psikologis konsumen karena tingkat tekanan dan kecemasan pada konsumen lebih tinggi dibandingkan sebelum adanya COVID-19. Penelitian ini membahas tentang bagaimana gaya hidup dan motivasi konsumen mempengaruhi terhadap keputusan pembelian di coffee shop Toko Kopi Bersaudara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Penentuan responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 80 orang. Teknik analisis pada penelitian ini yaitu menggunakan structural equation modeling – partial least square (SEM-PLS) melalui alat analisis Warp-PLS versi 7.0 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup dan motivasi konsumen merupakan faktor yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Kopi Bersaudara. Hasil R-Square pada variabel keputusan pembelian sebesar 0,54. Hasil tersebut, membuktikan bahwa kontribusi gaya hidup dan motivasi konsumen sebesar 54% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diuji. Saran yang dapat diberikan kepada Toko Kopi Bersaudara dengan cara memunculkan produk baru yang berkualitas dengan mengikuti perkembangan zaman dan menyesuaikan dengan analisis perilaku konsumen yang mempengaruhi keputusannya dalam membeli produk yang ditawarkan. Selain itu, menjaga kenyamanan konsumen yang berkunjung dengan cara meningkatkan dan menjaga fasilitas yang telah disediakan.

English Abstract

The behavior of consuming coffee has become a lifestyle that is inherent in the essence of Indonesian society, although coffee is not a necessity. The motivation of each individual is another factor that influences the decision to buy coffee. The COVID-19 pandemic is a challenge for coffee-loving consumers with social presence regulated by government policies. The state of the COVID-19 pandemic has also become an influence on consumers' psychology because the level of pressure and anxiety on consumers is higher than before the existence of COVID-19. This study discusses how the lifestyle and motivation of consumers affect purchasing decisions at the Toko Kopi Bersaudara coffee shop. The approach used in this research is quantitative. The method of data collection was done using a questionnaire. Determination of respondents was carried out by purposive sampling method with a total of 80 respondents. The analysis technique in this research is using structural equation modeling – partial least square (SEM-PLS) through the Warp-PLS analysis tool version 7.0 The results of this study indicate that the lifestyle and motivation of consumers are factors that have a positive and significant effect on purchasing decisions at the Toko Kopi Bersaudara coffee shop. The result of R-Square on the purchasing decision variable is 0.54. These results prove that the contribution of lifestyle and consumer motivation is 54% and the rest is influenced by variables not tested. Suggestions that can be given to the Toko Kopi Bersaudara coffee shop are by bringing out new quality products by following the times and adjusting to the analysis of consumer behavior that influences their decision to buy the products offered. In addition, maintaining the comfort of consumers who visit by improving and maintaining the facilities that have been provided.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522040662
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:05
Last Modified: 19 Jan 2024 03:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212351
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Windy Arofayanti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item