Lidhinillah, Ilmi and Dr. Imam Hanafi,, M.Si., MS, (2023) Peran Pustakawan dalam Meningkatkan Layanan Referensi kepada Pemustaka pada masa Pandemi Covid-19 hingga Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Perpustakaan Universitas Islam Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam hal ini Peneliti tertarik untuk meneliti permasalahan terkait peran pustakawan di perpustakaan pusat Universitas Islam Malang dalam memaksimalkan layanan referensi kepada pemustaka selama pandemi Covid-19. Masa pandemi Covid�19 yang sempat terjadi tidak memungkinkan pemustaka meminjam buku atau koleksi maupun mengakses koleksi secara fisik sehingga pustakawan atau Perpustakaan Universitas Islam Malang (Perpustakaan Pusat Unisma) perlu berinovasi dan strategi baru diperlukan untuk menghadirkan layanan yang efektif dan efisien kepada pemustaka yang ingin memanfaatkan layanan perpustakaaan. Setelah pandemi Covid�19, Perpustakaan Pusat Unisma masih memiliki tugas untuk kembali menghidupkan layanan referensi kepada pemustaka. Dalam penelitian yang telah dilakukan, Perpustakaan Pusat Unisma mengatasi hal tersebut salah satunya dengan memanfaatkan koleksi perpustakaan berupa buku elektronik, yang telah disediakan atau dilanggan oleh Perpustakaan Pusat Unisma. Layanan referensi secara virtual atau online menjadi strategi bagi Perpustakaan Pusat Unisma sebagai perpustakaan perguruan tinggi dalam mendukung berlangsung pembelajaran secara daring. Pada penelitian peneliti ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menjadikan narasumber sebagai sumber informasi utama yang kemudian data tersebut dilakukan triangulasi melalui observasi yang akan memperkuat atau mengoreksi data tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengambarkan bagaimana suatu Peran Pustakawan dalam meningkatkan layanan referensi kepada pemustaka pada masa pandemi Covid�19 pada Perpustakaan Pusat Unisma. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pustakawan memiliki peran untuk melakukan penyebarluasan akses ilmu pengetahuan bagi pembelajaran terhadap civitas akademika di dalam atau diluar lingkungan Perpustakaan Pusat Unisma.
English Abstract
In this case the researcher is interested in researching problems related to the role of librarians at the central library of the Islamic University of Malang in maximizing reference services to users during the Covid-19 pandemic. The Covid-19 pandemic that had occurred did not allow users to borrow books or collections or access collections physically so that librarians or the Malang Islamic University Library (Unisma Central Library) needed to innovate and new strategies were needed to provide effective and efficient services to users who wanted to take advantage of library service. After the Covid-19 pandemic, the Unisma Central Library still has the task of reviving reference services to users. In the research that has been carried out, the Unisma Central Library overcomes this, one of which is by utilizing the library collection in the form of electronic books, which have been provided or subscribed to by the Unisma Central Library. Virtual or online reference services are a strategy for the Unisma Central Library as a university library in supporting online learning. In this study, the researchers used qualitative research methods by making the informant the main source of information, then triangulating the data through observation which would strengthen or correct the data. The purpose of this research is to describe the role of librarians in improving reference services to users during the Covid-19 pandemic at the Unisma Central Library. The results of the study can be concluded that librarians have a role in disseminating access to knowledge for learning to the academic community inside or outside the Unisma Central Library environment
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030848 |
Uncontrolled Keywords: | Pandemi Covid 19, Informasi, Pustakawan, Perpustakaan, E-resources. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 03:01 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 03:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212322 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
ILMI LIDHINILLAH.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |