Akbar, Ali and Dr. Eng. Oke Oktavianty, S.Si, MT. (2022) Upaya Minimasi Waste pada Produksi Drive Rib 1 dengan Pendekatan Lean Manufacturing di PT. Dirgantara Indonesia,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT. Dirgantara Indonesia adalah satu-satunya industri yang bergerak dalam produksi pesawat terbang di Asia Tenggara. Salah satu proyek yaitu Proyek Inboard Outer Fixed Leading Edge (IOFLE) untuk pembuatan komponen sayap pesawat A380. Komponen yang paling banyak dipesan saat ini adalah bagian sayap dengan total keseluruhan pesanan adalah 252 set per tahun pada tahun 2018, jumlah tersebut menurun jika dibandingkan dengan pesanan tahun sebelumnya yaitu 300 set pada tahun 2017. Pengurangan pesanan tersebut terjadi salah satunya diakibatkan oleh lamanya proses produksi komponen drive rib 1. Drive rib 1 merupakan salah satu komponen penyokong/penguat rangka sayap pesawat Airbus A380. Diketahui bahwa pada lantai produksi terutama pada stasiun kerja tertentu, terdapat banyak penumpukan barang setengah jadi (work in process) pada lantai produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan meminimasi waste waiting yang terjadi pada proses produksi drive rib 1. Pendekatan yang dilakukan yaitu pendekatan lean manufacturing dengan menggunakan value stream mapping, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan process activity mapping untuk memberikan gambaran detail proses produksi. Berdasarkan analisis dengan Root Cause Analysis (RCA), akar permasalahan waste tersebut yaitu adanya bottleneck pada lintasan produksi, peralatan yang sering rusak, jumlah operator yang sedikit, serta alat kerja yang tidak tersusun rapi pada stasiun kerja. Usulan yang dapat diberikan yakni pembuatan kartu Kanban, perawatan mesin secara berkala, peningkatan kemampuan operator, dan dengan pembuatan toolbox yang memadai. Dari usulan tersebut, terjadi minimasi waktu pada waste waiting pada proses CNC Profiling DGAL dan Fitter Machining dan pengeliminasian waste waiting pada stasiun kerja lainnya. Dari hasil tersebut, waste waiting pada proses produksi drive rib 1 berkurang dari 11 aktivitas delay dengan waktu 347,35 menit, turun menjadi 2 aktivitas delay dengan waktu 59,62 menit. Kemudian lead time dari proses produksi drive rib 1 juga turut berkurang dari 4440,68 menit turun menjadi 4152,95 menit.
English Abstract
Indonesian Aerospace (IAe) is the only industry that is engaged in the production of aircraft in Southeast Asia. One of the projects are the Inboard Outer Fixed Leading Edge (IOFLE) to produce wing of A380 aircraft. Wings are the most ordered component with total order of 252 set per year on 2018. Those numbers has been decreased compared to previous year which consist of 300 set on 2017. One of the reasons of the decreased amount of orders caused by production process of drive rib 1 component which take too long. Drive rib 1 is one of the wing components of A380 aircraft to support the weight distribution of A380 wings. Based on the observation of the production floor, there are workstations which has many Work in Process (WIP) products waiting in line to be processed. This research aim to identify and minimize waiting waste occurred on the production process of drive rib 1 using lean manufacturing approach which consist of value stream mapping, and process activity mapping to give detail view of production process. Based on the analysis using root cause analysis (RCA), it is known that the root cause of the waste are bottleneck on the production line, frequently broken equipment, insufficient amount of operators, and unorganized work equipment. Suggestions that can be given are use of Kanban card, frequent maintenance of machine, improvement of workers capability, and making a standardized toolbox. Based on the recommendation above, resulting in minimized time of waiting waste on the CNC Profiling DGAL workstation and Fitter Machining workstation. In addition to that, there were also elimination of waste on the other workstation of drive rib 1 production process. Based on the results, waiting waste from 11 activities with total time of 347,35 minutes has been reduced to 2 activities with total time of 59,62 minutes. Beside that, the lead time of drive rib 1 production process also decreased from 4440,68 minutes to 4152,95 minutes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052207 |
Uncontrolled Keywords: | Value Stream Mapping, Process Activity Mapping, Root Cause Analysis-Value Stream Mapping, VALSAT, Process Activity Mapping, Root Cause Analysis |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 07:04 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 07:04 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212288 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
ALI AKBAR.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |