Perencanaan Strategi Bisnis pada UMKM Native Express menggunakan Metode IE, SWOT, dan QSPM

Andryas, Farrel Arifandry and Ir. Wifqi Azlia, ST., MT., IPM. (2022) Perencanaan Strategi Bisnis pada UMKM Native Express menggunakan Metode IE, SWOT, dan QSPM. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UMKM (usaha mikro, kecil, menengah) merupakan salah satu ladang usaha yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia, salah satunya adalah UMKM yang bergerak di industri makanan yaitu Native Express yang menjual produk-produk terbuat dengan bahan utama daging ayam dan daging sapi kemudian menyatukannya dalam hidangan berbentuk ricebowl dan fusion food. Dari data penjualan 10 bulan terakhir pada tahun 2021 dihasilkan bahwa usaha tersebut bersifat fluktuatif dan relatif menurun. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari adanya dampak pandemic covid, dan strategi bisnis yang kurang efektif serta efisien dari penggunaan media sosial, selain itu juga banyaknya kompetitor yang menawarkan produk sejenis dengan variasi yang berbeda. Namun setelah di teliti kembali, adapula permasalahan keterlambatan bahan baku dari pemasok dan belum menemukan supplier dengan harga yang terbaik. Penelitian ini menggunakan matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, Matriks SWOT, dan Matriks QSPM untuk melakukan perumusan strategi yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Penelitian dimulai dengan tahapan masukan yaitu mengidentifikasi dan mengukur faktor internal dan eksternal yang memengaruhi perusahaan denga menyebarkan kuesioner kepada perusahaan dan customer. Data-data tersebut selanjutnya diolah menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan matriks External Factor Evaluation (EFE). Kemudian, masuk ke dalam tahap pencocokan untuk mengetahui posisi perusahaan digunakan matriks Internal-External (IE) dan matriks Strengths-WeaknessOpportunities-Threats (SWOT) untuk mencocokkan strategi altenatif. Tahap yang terakhir merupakan tahap pengambilan keputusan untuk menentukan alternatif strategi yang paling direkomendasikam menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Setelah melakukan identifikasi, terdapat 19 faktor internal dan 22 faktor eksternal yang memengaruhi perusahaan. Faktor internal terdiri dari strength yang berjumlah 12 faktor dan weakness yang berjumlah 7 faktor. Kemudian untuk faktor eksternal terdiri dari opportunity yang berjumlah 13 faktor dan threat yang berjumlah 9 faktor. Setelah diolah dengan matriks IFE, nilai yang didapatkan yaitu 2,736 dan dari matriks EFE didapatkan nilai 2.708. Berdasarkan dengan kondisi yang telah teridentifikasi, dihasilkan 7 alternatif strategi pada perumusan strategi di penelitian ini. Kemudian seluruh alternatif strategi diolah menggunakan QSPM dan menghasilkan strategi yang tepat untuk direkomendasikan ke perusahaan. Dimana empat strategi yang direkomendasikan adalah Meningkatkan dan mempertahankan kualitas produk serta pelayanan yang diberikan kepada konsumen, Merancang jenis produk baru yang ditawarkan usaha Native Exress kepada konsumen dan calon konsumen dan membuat event yang diselenggarakan di tempat Native Express dengan tujuan mengenalkan produk baru serta menawarkan promo – promo menarik, Meningkatkan penggunaan fitur – fitur aplikasi sosial media dan e-commerce secara mendalam guna memasarkan produk dan menggait konsumen, dan Menjalin kerjasama dengan beberapa pemasok yang telah dikurasi secara detail.

English Abstract

MSMEs (micro, small and medium enterprises) are one of the most popular business fields among the Indonesian people, one of which is MSMEs engaged in the food industry, namely Native Express which sells products made with the main ingredients of chicken and beef and then combined in dishes in the form of rice bowls and fusion food. According from the sales data for the last 10 months in 2021, it is shown that the business is volatile and relatively declining. This is due to various factors, ranging from the impact of the covid pandemic, and business strategies that are less effective and efficient from the use of social media, as well as competitors who offer similar products with different variations. However, after further scrutiny, there are also problems with delays in raw materials from suppliers and have not found a supplier with the best price. This study uses the IFE matrix, EFE matrix, IE matrix, SWOT matrix, and QSPM matrix to formulate strategies that are under company conditions. The research begins with the input stage by identifying and measuring internal and external factors that affect the company by distributing questionnaires to companies and customers. The data is then processed using the Internal Factor Evaluation (IFE) matrix and the External Factor Evaluation (EFE) matrix. Then, enter the matching stage to find out the company's position which is used by the Internal-External (IE) matrix and Strengths-Weakness-OpportunitiesThreats (SWOT) matrix to find out alternative strategies. The last stage is the decision stage to determine the most recommended alternative strategy using the Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). After identifying, there are 19 internal factors and 22 external factors that affect the company. Internal factors consist of 12 factors of strength and 7 of weakness. Then for external factors, there are 13 opportunities and 9 threats. After processing with the IFE matrix, the value obtained is 2.736 and from the EFE matrix, the value is 2.708. Based on the identified conditions, 7 alternative strategies were produced in the strategy formulation in this study. Then all alternative strategies are processed using QSPM and produce the right strategy to be recommended to the company. Where the four recommended strategies are Improving and maintaining the quality of products and services provided to consumers, Designing new types of products offered by the Native Express business to consumers and potential customers, and making events held at Native Express locations to introduce new products and offer promos - attractive promos, Increase the use of social media and ecommerce application features in-depth to market products and attract consumers, and establish cooperation with several suppliers that have been curated in detail.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052307
Uncontrolled Keywords: Matriks IE, IFE dan EFE, Manajemen Strategi, Matriks SWOT, Matriks QSPM, Strategi Bisnis-Business Strategy, IE, IFE and EFE Matrix, Strategic Management, SWOT Matrix, QSPM Matrix
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Unnamed user with email y13w@ub.ac.id
Date Deposited: 18 Jan 2024 08:24
Last Modified: 18 Jan 2024 08:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212174
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
FARREL ARIFANDRY ANDRYAS.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item