Pengaruh Destination Image Dan Islamic Value Terhadap Perceived Value Dan Satisfaction” (Survei Pada Wisatawan Pintu Langit Prigen Pasuruan)

Zulaikhah,, Siti (2023) Pengaruh Destination Image Dan Islamic Value Terhadap Perceived Value Dan Satisfaction” (Survei Pada Wisatawan Pintu Langit Prigen Pasuruan). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Halal tourism merupakan istilah baru yang mulai ditemukan dalam industri pariwisata. Beberapa penelitian telah mengunakan berbagai terminologi untuk mendefinisikan istilah pariwisata halal sebagai halal tourism. Adanya tren halal tourism ini tidak lain untuk memenuhi kebutuhan pasar wisatawan muslim yang terus berkembang. Jadi, semacam adanya permintaan pasar yang sangat besar sehingga penyedia jasa tergerak untuk menyediakan kebutuhan dari permintaan tersebut yang pasarnya adalah wisatawan muslim di seluruh dunia. Dalam penelitian ini menggunakan Teori Keputusan Pembelian sebagai Grand Theory dan Islamic Consumer Behavior dan Expectancy Disconfirmation Paradigm sebagai Middle Range Theory. Sampel dari penelitian ini sebanyak 138 wisatawan di Ngopi Bareng Pintu Langit Prigen Pasuruan. Teknik pengabilan sampel secara purposive digunakan untuk mengambil sampel. Kuesioner merupakan instrumen utama untuk mengumpulkan data, dan data primer diperoleh langsung dari wisatawan Ngopi Bareng Pintu Langit Prigen Pasuruan. Statistik deskriptif dan analisis statistika inferensial berupa analisis partial least square atau PLS digunakan untuk analisis data hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan dari 5 hipotesis yang di usulkan, terdapat 4 hubungan yang signifikan dan 1 tidak signifikan. Hasil penelitian yang signifikan diantaranya adalah: (1) Destination Image berpengaruh signifikan terhadap Perceived Value (2) Destination Image berpengaruh signifikan terhadap Satisfaction (3) Islamic Value berpengaruh signifikan terhadap Perceived Value (4) Islamic Value berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Satisfaction dan (5) Perceived Value berpengaruh signifikan terhadap Satisfaction.

English Abstract

Halal tourism is a new term starting to be found in the tourism industry. Several studies have used various terminologies to define halal tourism as halal tourism. The existence of this halal tourism trend is none other than to meet the needs of the growing Muslim tourist market. So, it seems that there is a very large market demand, so service providers are moved to provide the needs of this demand, whose market is Muslim tourists worldwide. This research uses Purchasing Decision Theory as Grand Theory and Islamic Consumer Behavior and Expectancy Disconfirmation Paradigm as Middle Range Theory. The sample of this study was 138 tourists at the Coffee Bareng Pintu Langit Prigen, Pasuruan. A purposive sampling technique was used to take samples. The questionnaire is the main instrument for collecting data, and the primary data is obtained directly from Ngopi Bareng Pintu Langit Prigen Pasuruan tourists. Descriptive statistics and inferential statistical analysis in partial least squares or PLS analysis are used to analyze the research data. The results of this study indicate that of the 5 hypotheses proposed, there are 4 significant relationships and 1 not significant. The significant research results include: (1) Destination Image has a significant effect on Perceived Value (2) Destination Image has a significant effect on Satisfaction (3) Islamic Value has a significant effect on Perceived Value (4) Islamic Value has a significant negative effect on Satisfaction and (5) Perceived Value has a significant effect on Satisfaction.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0523030093
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: agung
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:13
Last Modified: 19 Jan 2024 02:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/212149
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Siti Zulaikhah.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item