Pradanawati, Nisa and Dr. Drs. Tjahjanulin Domai,, MS. and Martina Purwaning Diah,, S.AP., M.AP. (2023) Penerapan Inovasi Pelayanan Permohonan Paspor Melalui Aplikasi M-Paspor (Studi Pada Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelayanan publik yang optimal menjadi harapan dan tuntutan masyarakat. Pemerintah hendaknya harus mengikuti perkembangan teknologi dan zaman, sesuai dengan Peraturan Presiden RI No. 95 Tahun 2018 tentang SPBE. Kantor Imigrasi Blitar sebagai instansi yang bertanggungjawab atas pelayanan paspor, telah menerapkan pelayanan berbasis elektronik dengan mengembangkan inovasi. Pengembangan inovasi dalam pelayanan permohonan paspor yakni melalui inovasi M-Paspor, pemohon dengan mudah mengakses permohonan mulai dari pendaftaran kuota antrean, pengisian formulir, pemberkasan, hingga pembayaran di aplikasi. Akan tetapi masih terdapat masalah-masalah yang membuat penerapan inovasi M-Paspor kurang berjalan optimal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis: 1)Penerapan inovasi M-Paspor dalam pelayanan permohonan paspor di Kantor Imigrasi Blitar. 2)Hambatan yang dihadapi dalam penerapan Inovasi M-Paspor di Kantor Imigrasi Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Lokasi penelitian adalah Kantor Imigrasi Blitar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, & Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan inovasi M-Paspor di Kantor Imigrasi Blitar memiliki keunggulan; sesuai dengan nilai dan kebutuhan masyarakat; kerumitan pada fitur pembayaran; telah melalui masa ujicoba secara langsung dan sosialisasi kepada masyarakat; memberikan manfaat yang dirasakan dengan aplikasi yang mudah diamati. Dalam pelaksanaannya terdapat hambatan yang ditemui yaitu aplikasi ini masih sering mengalami gangguan; kurangnya pengetahuan masyarakat tentang inovasi M-Paspor dan kelengkapan persyaratan; kurangnya jumlah pegawai di kantor imigrasi. Oleh karena itu, perlu adanya perluasan sosialisasi kepada masyarakat secara langsung agar tepat sasaran serta dibutuhkannya kesadaran masyarakat untuk mencari tahu tentang prosedur dan kelengkapan persyaratan. hal ini agar memperlancar penerapan inovasi M-Paspor dan dapat mewujudkan harapan masyarakat terkait pelayanan yang optimal.
English Abstract
Optimal public services are the expectation and demand of the community. The government should follow the development of technology and the times, in accordance with Presidential Regulation of the Republic of Indonesia No. 95 of 2018 concering SPBE. Blitar Immigration Office as an agency responsible for passpor services, has implemented electronic-based services by developing innovations. The development of innovations in passport application services is through the M-Passport innovation, the applicant easily accesses applications starting from queue quota registration, filling out forms, filing, to payment in the application. However, there are still problems that make the application of M�Passport innovation less optimal. This study aims to describe and analyze: 1)Implementation of M-Passport innovation in passport application services at the Blitar Immigration Office. 2)Obstacles faced in implementing M-Passport Innovation at the Blitar Immigration Office. This type of research is descriptive qualitative research. Data sources are primary data and secondary data. The research location is Blitar Immigration Office. The data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. Data analysis used the interactive model of Miles, Huberman, & Saldana. The results of this study indicate that the implementation of M-Passport innovation at the Blitar Immigration Office has advantages; in accordance with the values and needs of the community; complexity in the payment feature; has gone through a period of direct trials and socialization to the community; provides perceived benefits with an application that is easy to observe. In its implementation, there are obstacles encountered, namely this application still experiences frequent interruptions; lack of public knowledge about M-Passport innovation and completeness of requirements; lack of employees at the immigration office. Therefore, it is necessary to expand socialization to the community directly so that it is right on target and requires public awareness to find out about procedures and completeness of requirements. this is in order to facilitate the implementation of M-Passport innovation and can realize public expectations regarding optimal service.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030814 |
Uncontrolled Keywords: | Inovasi, Pelayanan, Paspor |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 02:03 |
Last Modified: | 23 Jan 2024 02:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211990 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nisa Pradanawati.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |