Putri, Nines Mukarin Arisa and Saiful Rahman Yuniarto,, S.Sos., MAB. (2023) Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating sebagai Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli dan Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswi Universitas Brawijaya yang Menggunakan dan Membeli Produk Somethinc). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Minat Beli dan Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian. Online Customer Review dan Online Customer Rating merupakan salah satu bagian dari faktor yang menentukan Minat Beli dan Keputusan Pembelian seseorang dilihat dari popularitas produk atau nilai dari suatu produk. Hal ini berguna untuk meninjau serta mendukung agar customer dapat memiliki pengalaman belanja online yang lebih baik bukan semata-mata hanya dari iklan dan menghindari komentar kecewa terhadap produk setelah produk ada di tangan konsumen. Penelitian ini menggunakan jenis explanatory research dengan pendekatan kuantitatif, serta menggunakan metode penelitian survei. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 109 orang responden dari Mahasiswi aktif S1 Universitas Brawijaya yang pernah melihat review dan rating di e-commerce terkait produk Somethinc serta pernah membeli minimal satu kali produk Somethinc. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan software SPSS 27 for Mac dengan metode pengumpulan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Online Customer Review (X1) secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli (Y1). Online Customer Rating (X2) secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli (Y1). Online Customer Review (X2) secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian(Y2). Online Customer Rating (X2) secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y2).
English Abstract
This study aims to explain the influence of online customer reviews and online customer ratings on purchase intention and their impact on purchasing decisions. Online Customer Reviews and Online Customer Ratings are part of the factors that determine a person's Buying Interest and Purchase Decision in terms of the popularity of a product or the value of a product. This is useful for reviewing and supporting so that customers can have a better online shopping experience, not just from advertisements and avoid disappointed comments about the product after the product is in the hands of the consumer. This research uses explanatory research with a quantitative approach, and uses survey research methods. The number of samples used in this study were 109 respondents from active undergraduate students at Brawijaya University who had seen reviews and ratings on e-commerce related to Somethinc products and had bought at least one Somethinc product. The data analysis method in this study used SPSS 27 for Mac software with a sample collection method using a purposive sampling method. Data analysis used is descriptive analysis and path analysis. The results of this study indicate that Online Customer Review (X1) has a direct and significant positive effect on Purchase Intention (Y1). Online Customer Rating (X2) has a direct positive and significant effect on Purchase Intention (Y1). Online Customer Review (X2) has a direct positive and significant effect on Purchase Decision (Y2). Online Customer Rating (X2) has a direct positive and significant effect on Purchase Decision (Y2).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030811 |
Uncontrolled Keywords: | Online Customer Review, Online Customer Rating, Minat Beli, Keputusan Pembelian |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 08:09 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 08:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211981 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nines Mukarin Arisa Putri.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |