Ilhamiyah, Saiyidah Halimah and Dr. Ir. Fitria Dina Riana,, SP., MP. and Rachman Hartono,, SP., MP. (2022) Analisis Niat Konsumen dalam Mengonsumsi Jus Kemasan Karton. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Produksi buah di Indonesia dalam empat tahun terakhir terus mengalami peningkatan dari tahun 2016 – 2019. Peningkatan produksi tersebut diimbangi dengan meningkatnya konsumsi buah masyarakat, terutama pada kondisi pandemi covid-19. Masyarakat mulai memahami pentingnya menjaga daya tahan tubuh melalui pola makan sehat. Anjuran Kemenkes tentang konsumsi sayur dan buah lima porsi per hari mulai di terapkan. Tetapi dalam menjaga pola makan sehat masyarakat membutuhkan produk buah yang dapat disajikan dalam waktu singkat. Oleh karenanya, terdapat banyak produk jus dalam kemasan. Dimana produk jus ini memiliki dua jenis, yaitu jus dalam kemasan plastik dan jus dalam kemasan karton. Tiap jenis jus kemasan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keunggulan dari produk jus kemasan plastik adalah pada penyajian bahan baku yang masih segar dan memiliki banyak outlet di pinggir jalan. Tetapi dengan produk yang menggunakan kemasan plastik, membuat usaha jus menjadi penyumbang sampah plastik terbesar. Sedangkan produk jus kemasan karton memiliki keunggulan higenis dalam penyajiannya karena menggunakan teknologi UHT dan menggunakan pengemasan aseptis yang membuat produk dapat bertahan lama. Selain itu, produk tersebut memiliki keunggulan pada kemasannya yang dapat didaur ulang, sehingga produk ini diproduksi bagi konsumen yang berwawasan lingkungan. Tetapi pada kenyatannya, produk jus kemasan plastik lebih digemari daripada jus kemasan karton. Oleh karena itu, penelitian ini akan menganalisis faktor motivasional apa saja yang berpengatuh terhadap niat konsumsi jus kemasan karton. Dalam penelitian ini menerapkan Theory of planned Behaviour (TPB). Penelitian ini menggunakan 117 responden. Penentuan responden tersebut menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Kriteria penentuan responden tersebut adalah pernah melakukan pembelian atau konsumsi jus kemasan karton setidaknya satu atau dua kali. Metode analisis data menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM), dengan bantuan alat analisis SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga faktor motivasional (sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol) berpengaruh secara positif terhadap niat konsumsi jus kemasan karton. Variabel yang paling berpengaruh adalah pada norma subjektif dengan nilai koefisien sebesar 0.366 dengan p-value sebesar 0.004. Pada variabel tersebut, pengaruh keluarga sangat berperan tinggi dalam niat konsumsi jus kemasan karton. Lalu disusul oleh variabel sikap dengan nilai koefisien sebesar 0.269 dan p-value sebesar 0.000, dan terakhir variabel persepsi kontrol perilaku dengan koefisien 0.259 dengan p-value sebesar 0.099.
English Abstract
Fruit production in Indonesia in the last four years has continued to increase from 2016 - 2019. The increase in production is offset by increased consumption of fruit in the community, especially during the COVID-19 pandemic. People are starting to understand the importance of maintaining their immune system through a healthy diet. The recommendation from the Ministry of Health regarding the consumption of five servings of vegetables and fruit per day has begun to be implemented. But in maintaining a healthy diet, people need fruit products that can be served in a short time. Therefore, there are many packaged juice products. Where this juice product has two types, namely juice in plastic packaging and juice in carton packaging. Each type of packaged juice has its own advantages and disadvantages. The advantage of plastic packaged juice products is the presentation of raw materials that are still fresh and have many outlets on the roadside. But with products that use plastic packaging, the juice business becomes the biggest contributor to plastic waste. Meanwhile, carton packaging juice products have the advantage of being hygienic in their presentation because they use UHT technology and use aseptic packaging which makes the product last a long time. In addition, this product has the advantage of being in a recyclable packaging, so that this product is produced for environmentally friendly consumers. But in fact, plastic packaged juice products are more popular than plastic packaged juices. Therefore, this study will analyze the motivational factors that influence the intention to consume cardboard juice. In this research apply Theory of Planned Behavior (TPB). This study used 117 respondents. Determination of the respondents using non-probability sampling technique with purposive sampling method. The criteria for determining the respondent is that they have purchased or consumed carton packaged juice at least once or twice. The data analysis method uses Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM), with the help of the SmartPLS 3 analysis tool. The results showed that the three motivational factors (attitude, subjective norm, and perceived control) had a positive effect on the intention to consume carton-packed juice. The most influential variable is the subjective norm with a coefficient value of 0.366 with a p-value of 0.004. In this variable, the influence of family plays a very high role in the intention to consume carton packaged juice. Then followed by the attitude variable with a coefficient value of 0.269 and a p-value of 0.000, and finally the behavioral
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522040636 |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 03:41 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 07:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211899 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
SAIYIDAH HALIMAH ILHAMIYAH.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |