Kirana, Nilla Chandra and Prof. Dr. Abdul Juli Andi Gani,, MS and Aulia Luqman Aziz,, SS., S.Pd., M.Pd (2023) Evaluasi Program Sekolah Penggerak Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitianَ iniَ berjudulَ “Evaluasiَ Programَ Sekolahَ Penggerakَ Padaَ Satuanَ Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (Studi Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Batu). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi program sekolah penggerak menggunakan model evaluasi CIPP serta mengetahui faktor penunjang dan tantangan pelaksanaan PSP pada pendidikan anak usia dini di kota Batu. Penelitian ini mengguanakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa pelaksanaan PSP PAUD di Kota batu adalah sebagai berikut: 1) evaluasi konteks pada PSP PAUD di Kota Batu sudah sesuai dengan tujuannya yakni pemerataan pendidikan di indonesia. 2) evaluasi input PSP PAUD di Kota Batu sudah baik, dikarenakan adanya peran dinas pendidikan dengan cara himbauan untuk mendaftar PSP serta dukungan secara penuh berupa monitoring dan kontrol terhadap sekolah-sekolah pelaksana PSP. Adanya alokasi dana daerah untuk menunjang pelaksanaan PSP PAUD di Kota Batu. 3) evaluasi proses pelaksanaan PSP PAUD di Kota Batu peneliti menemukan adanya akreditasi di awal program yang tidak sesuai regulasi. Implementasi PSP PAUD di Kota Batu yakni menerapkan pembelajaran dengan paradigma baru yang prosesnya sesuai dengan konsep Merdeka belajar yang mana guru Merdeka dalam arti Menyusun pembelajaran dan siswa bebas memilih apa yang ingin mereka pelajari ketika melaksanakan pembelajaran di kelas. Adanya PMO sebagai sarana evaluasi pelaksanaan PSP di Kota Batu. 4) evaluasi produk PSP PAUD di Kota Batu sudah baik dikarenakan dampak dari program telah sesuai dengan tujuan utama yakni pemerataan pendidikan melalui pengimbasan yang dilakukan sekolah-sekolah pelaksana PSP pada sekolah di sekitarnya. 5) faktor penunjang pelaksanaan PSP PAUD di Kota Batu yakni adanya dana BOP PAUD Kinerja serta tantangan yang dihadapi adalah guru yang harus terus belajar menghadapi perubahan dalam pembelajaran paradigma baru.
English Abstract
This research is titled "Evaluation of the Program Sekolah Penggerak in Early Childhood Education Institutions (PAUD) (Study at the Early Childhood Education Institutions in Batu City)”. The purpose of this study was to determine the evaluation of the Program Sekolah Penggerak using the CIPP evaluation model and to determine the supporting factors and challenges of implementing the PSP in early childhood education in Batu City. This research uses qualitative research methods with a descriptive approach. The data collection techniques were semi�structured interviews, observation, and documentation. This study found that the implementation of PSP PAUD in Batu City in terms of context evaluation of input, process, and product is as follows: 1) the context evaluation in PSP PAUD in Batu City is by its purpose, namely equalization of education in Indonesia. 2) the input evaluation of PSP PAUD in Batu City is good, because of the role of the education office by way of an appeal to register for PSP and full support in the form of monitoring and control of PSP implementing schools. There is an allocation of regional funds to support the implementation of PSP PAUD in Batu City. 3) In the process evaluation of implementing PSP PAUD in Batu City, researchers found that accreditation at the beginning of the program was not by regulations. The implementation of PSP PAUD in Batu City is implementing learning with a new paradigm whose process is by the concept of Merdeka Belajar, where teachers are independent in the sense of arranging learning and students are free to choose what they want to learn when carrying out learning in the classroom. The existence of PMO as a means of evaluating the implementation of PSP in Batu City. 4) The product evaluation of PSP PAUD in Batu City is good because the impact of the program has been by the main objective, namely equal distribution of education through transmission by PSP implementing schools to surrounding schools. 5) Supporting factors for the implementation of PSP PAUD in Batu city are the BOP PAUD Performance funds and the challenges faced are teachers who must continue to learn to deal with changes in the new learning paradigm. The sustainability of PSP implementation in Batu City is recommended to be continued because, with the PMO conducted regularly, PSP has improved by the new paradigm learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030808 |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi CIPP, Program Sekolah Penggerak |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 07:49 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 07:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211885 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nilla Chandra Kirana.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |