Proses Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 2 Situbondo. Skripsi. Program Studi Administrasi Pendidikan. Departemen Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya.

Madani, Shofil Fuad (2023) Proses Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 2 Situbondo. Skripsi. Program Studi Administrasi Pendidikan. Departemen Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menurut (Kemendikbud, 2018) tata kelola pendidikan merupakan proses dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan dan penilaian yang sudah ditetapkan secara efektif dan efisien. Dalam tata kelola pendidikan saat ini, sudah banyak kepala sekolah melakukan terobosan dalam meningkatkan mutu pendidikan di tingkat sekolah seperti strategi yang diterapkan oleh kepala sekolah. Muncul berbagai masalah mengenai gaya kepemimpinan kepala sekolah yang mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pendidikan maka dari itu perlu dilakukan adanya terobosan terbaru salah satunya adalah kepemimpinan transformasional. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui proses kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan mutu pendidikan serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses kepemimpinan transformasional di SMA Negeri 2 Situbondo Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena dan konteks dalam Kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Situbondo. Situs penelitian berada di SMA Negeri 2 Situbondo. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu observasi, wawancara dan dokumen tasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepala sekolah SMA Negeri 2 Situbondo melaksanakan gaya kepemimpinan transformasional yang terdiri dari perhatian individu, motivasi inspirasional, stimulasi intelektual, pengaruh ideal.

English Abstract

According to the Ministry of Education and Culture (Kemendikbud, 2018), educational governance is a process involving effective and efficient planning, organization, direction, supervision, and evaluation. In the current educational governance, many school principals have made breakthroughs in improving the quality of education at the school level through strategies they implement. Various issues have arisen regarding the leadership styles of school principals, leading to the failure to achieve educational goals. Hence, there is a need for new breakthroughs, one of which is transformational leadership. The purpose of this research is to understand the process of transformational leadership in improving the quality of education and identify the supporting and hindering factors in the transformational leadership process at senior high school 2 Situbondo. This research utilizes a qualitative research method with a descriptive approach, aiming to describe the phenomena and context of transformational leadership in improving the quality of education at SMA Negeri 2 Situbondo. The research site is located at senior high school 2 Situbondo. Data collection is conducted through three methods: observation, interviews, and document analysis. The results of this study indicate that the principal of senior high school 2 Situbondo implements a transformational leadership style, which includes individualized consideration, inspirational motivation, intellectual stimulation, and idealized influence.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030081
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kepemimpinan Transformasional, Mutu Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: agung
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:25
Last Modified: 18 Jan 2024 03:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211876
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Shofil Fuad Madani.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item