Pengaruh Employer Branding terhadap Turnover Intention dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Karyawan White Collar PT Indo Kordsa Tbk Kabupaten Bogor)

Mahira, Natasya Azzah and Dr. Gunawan Eko Nurtjahjono,, S.Sos, M.Si (2023) Pengaruh Employer Branding terhadap Turnover Intention dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Karyawan White Collar PT Indo Kordsa Tbk Kabupaten Bogor). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh employer branding terhadap turnover intention dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi pada karyawan white collar PT Indo Kordsa Tbk Kabupaten Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability Sampling dengan metode Proportionate Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner melalui google form yang disebarkan kepada karyawan white collar PT Indo Kordsa Tbk Kabupaten Bogor sebanyak 121 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis) yang diolah dengan program SMARTPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara employer branding dengan kepuasan kerja. Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara kepuasan kerja dengan turnover intention. Terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara employer branding dengan turnover intention. Serta, variabel kepuasan kerja telah terbukti memberikan pengaruh signifikan negatif terhadap hubungan antara employer branding dengan turnover intention.

English Abstract

This research was aimed to find out if there is a significant influence between Employer Branding on Turnover Intention with Job Satisfaction as A Mediating Effects on white collar employees of PT Indo Kordsa Tbk Kabupaten Bogor. This type of research is explanatory reseach and used quantitative method. This study used 121 samples of white collar Employees of PT Indo Kordsa Tbk, the technique that used for sampling is probability sampling with simple random sampling as the method. This research use primary data through taken from online questionnaire through Google Form that was distributed to white collar employees of PT Indo Kordsa Tbk Kabupaten Bogor. The technique that use to analyzing data in this research are descriptive statistical analysis and path analysis that were processed by SMARTPLS 3. The results from this research shows that there is a positive significant effect between Employer Branding (X) and Job Satisfaction (Z). There is a negative significant effect between Job Satisfaction (Z) and Turnover Intention (Y). Another result shows that Job Satisfaction is negative significant mediated the relationship between Employer Branding (X) and Turnover Intention (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030790
Uncontrolled Keywords: Employer Branding, Turnover Intention, Kepuasan Kerja
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:40
Last Modified: 22 Jan 2024 04:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211787
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Natasya Azzah Mahira.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item