Purba, Nataleo Romario and Drs.Wiyata,, M.AB., Ph.D. (2023) Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Live Streaming Tiktok: Pengaruh Daya Tarik Visual, Keterlibatan Konsumen, dan Harga Produk (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Pengguna Live Streaming Tiktok). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Daya Tarik Visual, Keterlibatan Konsumen, dan Harga Produk terhadap Pembelian Impulsif pada mahasiswa Universitas Brawijaya Malang di platform Tiktok, melalui lensa model Stimulus-Organism-Response (SOR). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode non-probability sampling. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pengguna platform Tiktok pada Universitas Brawijaya Malang, yang pernah melakukan pembelian pada fitur live streaming Tiktok. Diambil sebanyak 153 sampel kuesioner valid dengan pengalaman pernah berbelanja pada fitur live streaming Tiktok. Data dianalisis dengan metode Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Daya Tarik Visual, Keterlibatan Konsumen, dan Harga Produk berpengaruh positif terhadap Kesenangan Yang Dirasakan dan Kegunaan Yang Dirasakan. Temuan juga menunjukkan Kesenangan Yang Dirasakan dan Kegunaan Yang Dirasakan berpengaruh positif terhadap Pembelian Impulsif pengguna fitur live streaming Tiktok di Universitas Brawijaya Malang.
English Abstract
This research aims to determine the influence of Visual Appeal, Consumer Engagement, and Product Price on Impulsive Buying among Brawijaya University Malang students on the Tiktok platform, through the lens of the Stimulus-Organism�Response (SOR) model. The type of research used is quantitative research with a non-probability sampling method. The population of this study were students using the Tiktok platform at Brawijaya University Malang, who had made purchases on the live streaming Tiktok. A total of 153 valid samples were taken with experience shopping on the live streaming Tiktok. Data were analyzed using the Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method with the help of SmartPLS 4.0 software. The research results show that Visual Appeal, Consumer Engagement, and Product Price positively affect Perceived Enjoyment and Perceived Usefulness. The findings also show that Perceived Enjoyment and Perceived Usefulness have a positive effect on Impulsive Buying by users of the live streaming Tiktok at Brawijaya University Malang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030789 |
Uncontrolled Keywords: | Live Streaming Tiktok, Model SOR, Daya Tarik Visual, Keterlibatan Konsumen, Harga Produk, Kesenangan Yang Dirasakan, Kegunaan Yang Dirasakan, dan Pembelian Impulsif |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 04:40 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 04:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211779 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nataleo Romario Purba.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (8MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |