Pengaruh Sertifikasi Halal dan Kesadaran Halal terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa di Kota Malang)

Hendra, Namira Anayya Qannita and Inggang Perwangsa Nuralam,, SE., MBA., PhD. (2023) Pengaruh Sertifikasi Halal dan Kesadaran Halal terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana pengaruh Sertifikasi Halal dan Kesadaran Halal terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Produk Makanan Halal. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa yang berdomisili di Kota Malang dengan minimal usia 18-24 tahun yang pernah mengonsumsi produk makanan halal. Sampel yang didapatkan dari penelitian ini sebanyak 170 responden dengan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data melalui kuesioner online. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis jalur dengan batuan software SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) variabel Sertifikasi Halal berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap Minat Beli. (2) variabel Kesadaran Halal berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap Minat Beli. (3) variabel Sertifikasi Halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (4) variabel Kesadaran Halal positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (5) variabel Minat Beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian

English Abstract

The purpose of this study is to find out and explain the influence of Halal Certification and Halal Awareness on Purchase Intention and Purchase Decisions on Halal Food Products. This type of research uses explanatory research using a explanatory research with a quantitative approach. The population in this study were students who live in Malang City with a minimum age of 18-24 years who have consumed halal food products. The samples obtained from this research was 130 respondents with calculations using the formula Hair et al., (2010) with purposive sampling techniques and data collection methods through online questionnaires. Data analysis used in this research is path analysis using SPSS. The results of this study indicate that (1) the Halal Certification variable have a direct and significant effect on Purchase Interest. (2) the Halal Awareness variable have a direct and significant effect on Purchase Intentiont. (3) the Halal Certification variable have a positive and significant effect on Purchasing Decisions. (4) the Halal Awareness variable is positive and significant on Purchasing Decisions. (5) the Purchase Intention variable have a positive and significant effect on Purchase Decision

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030786
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Minat Beli, Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:39
Last Modified: 22 Jan 2024 04:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211758
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Namira Anayya Qannita Hendra.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item