Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Tetap Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang)

Wardani, Dienanta Yulia and Prof. Dr. Bambang Swasto Sunuharyo,, SE (2023) Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Tetap Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelatihan yang diberikan pada karyawan akan mendorong karyawan lebih keras dalam bekerja. Hal ini disebabkan karena karyawan yang telah mengetahui tugas dan tanggung jawab akan berusaha mencapai tingkat kerja yang lebih tinggi. Karyawan yang kurang mengetahui tentang bidang pekerjaannya akan mengalami kesulitan dalam bekerja, oleh karena itu bagi karyawan baru atau lama yang di hadapkan dengan pekerjaan baru membutuhkan tambahan pengetahuan guna melaksanakan tugasnya dengan baik. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan pendidikan karyawan dan pelatihan karyawan secara simultan terhadap kinerja PDAM Kota Malang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekan penjelasan (explanatory research). Pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan kuesioner dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yaitu adanya pengaruh secara bersama-sama (simultan) variabel bebas terhadap variabel Kinerja karyawan dapat diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalahh hasil uji didapatkan bahwa variabel Pendidikan (X1) dan variabel Pelatihan (X2) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kinerja karyawan. Berdasarkan pada hasil uji t didapatkan bahwa variabel Pelatihan mempunyai nilai t hitung dan koefisien beta yang paling besar. Sehingga variabel Pelatihan mempunyai pengaruh yang paling kuat dibandingkan dengan variabel yang lainnya maka variabel Pelatihan mempunyai pengaruh yang dominan terhadap Kinerja karyawan

English Abstract

Training provided to employees will encourage employees to work harder. This is because employees who already know their duties and responsibilities will try to achieve a higher level of work. Employees who do not know about their field will experience difficulties at work, therefore new or old employees who are faced with a new job need additional knowledge to carry out their duties properly. The purpose of this study was to determine the existence of a significant effect of employee education and employee training simultaneously on the performance of PDAM Malang City. This research method uses quantitative research with an explanatory research approach. Collecting data in this study is by questionnaire and documentation. The result of the research is that there is an influence simultaneously (simultaneously) on the independent variables on employee performance variables that are acceptable. The conclusion from this study is that the test results show that the Education variable (X1) and the Training variable (X2) have a significant influence on employee performance. Based on the results of the t-test, it was found that the training variable had the greatest t-value and beta coefficient. So the training variable has the most substantial influence compared to the other variables, and the training variable has the dominant force on employee performance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030785
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pelatihan Karyawan, efektivitas Kinerja Karyawan
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:37
Last Modified: 22 Jan 2024 04:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211750
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
DIENANTA YULIA WARDANI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item