Analisis SWOT Pelaksanaan Pengawasan Bea dan Cukai dalam Menanggulangi Illegal Trading dengan Modus Barang Bawaan Penumpang (Studi pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Juanda)

Arum, Mardhatillah Ambar and Dr. Kadarisman Hidayat, M.Si. (2023) Analisis SWOT Pelaksanaan Pengawasan Bea dan Cukai dalam Menanggulangi Illegal Trading dengan Modus Barang Bawaan Penumpang (Studi pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Juanda). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Pengertian impor sebagai kegiatan memasukkan barang ke daerah pabean. Salah satu faktor mahalnya harga barang impor dikarenakan biaya pajak yang ditentukan pemerintah sehingga sering ditemui perdagangan ilegal. Perdagangan ilegal adalah kegiatan ekonomi yang menjual barang-barang secara gelap untuk menghindari pembayaran pajak. Pengawasan adalah setiap usaha dan tindakan dalam rangka untuk mengetahui sampai dimana pelaksanaan tugas yang dilaksanakan menurut ketentuan dan sasaran yang hendak dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pelaksanaan pengawasan bea dan cukai dalam menanggulangi illegal trading dengan modus barang bawaan penumpang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yang menggambarkan bagaimana peran pengawasan bea dan cukai dalam menanggulangi illegal trading dengan modus barang bawaan penumpang. Fokus penelitian pada penelitian ini pengawasan illegal trading dengan modus barang bawaan penumpang di KPPBC TMP Juanda serta faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pengawasan illegal trading dengan modus barang bawaan penumpang di KPPBC TMP Juanda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengawasan illegal trading dengan modus barang bawaan penumpang sudah cukup ketat karena kekuatan internal yang dimiliki sudah cukup kuat, (2) aspek kekuatan yang dimiliki dapat digunakan untuk mengatasi ancaman yang akan terjadi. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah (1) meningkatkan dan memperketat pengawasan, (2) memperbanyak sosialisasi untuk masyarakat umum.

English Abstract

International trade is trade carried out by residents of a country with residents of other countries on the basis of mutual agreement. The definition of import as the activity of entering goods into the customs area. One of the factors for the high price of imported goods is the cost of taxes determined by the government, so illegal trade is often found. Illegal trade is an economic activity that sells goods illegally to avoid paying taxes. Supervision is every effort and action in order to find out to what extent the implementation of tasks is carried out according to the provisions and objectives to be achieved. This research aims to explain how the implementation of customs and excise supervision in tackling illegal trading with the mode of passenger luggage. This research uses descriptive research that describes how the role of customs and excise supervision in tackling illegal trading with the mode of passenger luggage. The focus of research in this study is the supervision of illegal trading with the mode of passenger luggage at KPPBC TMP Juanda and the strengths, weaknesses, opportunities and threats of supervision of illegal trading with the mode of passenger luggage at KPPBC TMP Juanda. The results of this study show that (1) the supervision of illegal trading with the mode of passenger luggage is strict enough because the internal strengths are quite strong, (2) aspects of strengths can be used to overcome threats that will occur. The suggestions that can be given based on the research results are (1) increasing and tightening supervision, (2) increasing socialization for the general public.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030772
Uncontrolled Keywords: Bea dan cukai, pengawasan, illegal trading, barang bawaan penumpang, analisis SWOT
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:37
Last Modified: 19 Jan 2024 08:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211723
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mardhatillah Ambar Arum.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item