Kuswidaningrum., Sella Febrina (2023) Peran Taman Baca Masyarakat sebagai Wadah Literasi Anak Buruh Migran (Studi Pada Taman Baca Masyarakat Galeri Kreatif Desa Rejoyoso Kecamatan Bantur Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran sebuah TBM dalam mengatasi tantangan pendidikan dan literasi yang dihadapi anak-anak buruh migran. TBM memberikan akses pendidikan yang setara bagi anak-anak buruh migran, yang sering kali menghadapi hambatan dalam mengikuti pendidikan formal. TBM Galeri Kreatif membantu anak-anak buruh migran dalam memperbaiki kemampuan intelektual, dimana kemampuan tersebut merupakan keterampilan penting untuk berintegrasi dalam masyarakat dan meningkatkan peluang pekerjaan dimasa depan. Melalui TBM anak-anak buruh migran memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan literasi. TBM memberikan dukungan psikososial yang penting bagi anak-anak buruh migran. Mereka merasa diterima dan dihargai, serta dapat menjalin hubungan sosial yang positif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, tujuan utama penelitian ini yaitu: (1) Menganalisis dampak taman baca terhadap perkembangan literasi dan pendidikan anak buruh migran, mencakup peningkatan keterampilan membaca, menulis, serta pemahaman dan peningkatan prestasi akademik mereka. (2) Menganalisis tantangan pendidikan anak buruh migran. (3) Memberikan rekomendasi konkrit untuk meningkatkan efektivitas peran TBM dalam pendidikan anak buruh migran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TBM memiliki peran signifikan dalam membuka akses pendidikan bagi anak buruh migran. program literasi edukasi yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka, meliputi metode pengajaran inovatif, dan dukungan sosial yang diberikan oleh TBM memiliki dampak positif terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan anak-anak. Selain itu, TBM juga berfungsi sebagai wadah untuk membantu anak buruh migran mengatasi hambatan sosial dan psikologis yang mungkin mereka hadapi.
English Abstract
This research aims to describe and analyze the role of a Community Reading Center (TBM) in addressing the educational and literacy challenges faced by the children of migrant laborers. TBM provides equal access to education for the children of migrant laborers, who often encounter barriers to formal education. The Creative Gallery TBM helps improve the intellectual abilities of migrant laborers' children, crucial skills for social integration and enhanced future employment opportunities. Through TBM, these children have the chance to develop literacy skills. TBM provides essential psychosocial support for them, creating a sense of acceptance and value, and fostering positive social relationships. This research employs a qualitative descriptive method. The primary objectives are: (1) to analyze the impact of the reading center on the literacy and educational development of migrant laborers' children, including improvements in reading, writing, comprehension skills, and academic achievements; (2) to analyze the educational challenges faced by these children; (3) to provide concrete recommendations to enhance the effectiveness of TBM in the education of migrant laborers' children. The results indicate that TBM plays a significant role in providing educational access for the children of migrant laborers. Tailored literacy education programs, including innovative teaching methods and social support provided by TBM, have a positive impact on the knowledge and skills of these children. Additionally, TBM serves as a platform to help them overcome social and psychological barriers they may face.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030067 |
Uncontrolled Keywords: | Taman Baca Masyarakat,Literasi, Pendidikan, Anak Buruh Migran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | agung |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 02:43 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 02:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211710 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sella Febrina Kuswidaningrum.pdf Restricted to Repository staff only until 31 December 2025. Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |