Chaerani, Nadyla Rizky and Dr. Drs. Tjajanulin,, MS. and Bayu Indra Pratama,, S.I.Kom.,M.A. (2023) Penerapan Inovasi Pelayanan Paspor Berbasis E-Government (Studi Kasus pada Aplikasi SINGA KARMILA di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelayanan keimigrasian termasuk dalam salah satu prioritas pelayanan publik di Indonesia yang terus dituntut untuk memberikan pelayanan yang prima. Mengingat keimigrasian memiliki fungsi dan bertugas dalam bidang perlintasan negara. Pelayanan keimigrasian yang diberikan kepada Warga Negara Indonesia berupa pembuatan dokumen perjalanan (paspor). Sebagai salah satu upaya dan inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan keimigrasian, maka Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang meluncurkan aplikasi untuk pelayanan paspor berbasis e-Government yang bernama SINGA KARMILA (Sistem Informasi dan Layanan Keimigrasian Kantor Imigrasi Malang). Aplikasi ini memiliki motto “Layanan Keimigrasian dalam Satu Genggaman”. Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah memberikan kemudahan bagi Warga Negara Indonesia dalam pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang dengan menggabungkan berbagai layanan keimigrasian yang terpisah. Layanan bagi Warga Negara Indonesia dalam aplikasi ini terdiri dari Pendaftaran Antrean Paspor Online, Formulir Paspor Online, Cek Status Paspor, serta Layanan Informasi dan Pengaduan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan inovasi pelayanan paspor berbasis e-Government melalui aplikasi SINGA KARMILA serta hambatan dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan tipe deskriptif. Fokus penelitian terbagi menjadi dua: 1) Penerapan inovasi layanan keimigrasian yaitu pembuatan paspor online berbasis e-Government melalui aplikasi SINGA KARMILA; dan 2) Hambatan dalam penerapan aplikasi SINGA KARMILA. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan inovasi pelayanan paspor berbasis e-Government melalui aplikasi SINGA KARMILA sudah diterapkan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang. Aplikasi SINGA KARMILA sebagai hasil dari suatu inovasi memiliki keunggulan relatif, kompatibilitas, kerumitan, kemampuan diuji-cobakan, dan kemampuan diamati. Namun dalam penerapannya masih terdapat hambatan yaitu kurangnya sosialisasi, aplikasi jarang diketahui dan digunakan oleh masyarakat, aplikasi SINGA KARMILA masih hanya tersedia untuk pengguna ponsel berbasis Android saja, dan keterbatasan pada sumber daya baik sumber daya manusia maupun sumber daya finansial sehingga penerapannya masih belum optimal.
English Abstract
Immigration services are included as one of the priority public services in Indonesia that are constantly demanded to provide excellent services. Considering that immigration has functions and duties in the field of border crossings, the immigration services provided to Indonesian citizens are in the form of travel document issuance (passport). As one of the efforts and innovations to improve the quality of immigration services, the Immigration Office Class I TPI Malang has launched an e-Government-based passport service through an application called SINGA KARMILA (Information System and Immigration Services of Malang Immigration Office). This application has the motto "Immigration Services in One Grasp." The purpose of creating this application is to provide convenience for Indonesian citizens in passport services at the Immigration Office Class I TPI Malang by combining various separate immigration services. The services for Indonesian citizens in this application consist of Online Passport Queue Registration, Online Passport Form, Passport Status Check, and Information and Complaint Services. This research aims to analyze and describe the application of e�Government-based innovation in passport services through the SINGA KARMILA application, as well as the obstacles in its application. This research uses a case study research method with a descriptive type. The study focuses on two aspects: 1) The application of the immigration service innovation, namely the online passport issuance based on e-Government through the application of SINGA KARMILA, and 2) The obstacles in the application of SINGA KARMILA. The data sources used in this research are primary and secondary data sources. Data collection techniques include interviews, observations, and documentation. The results of the research showed that the application of the e-Government-based passport service innovation through the SINGA KARMILA application has been applicated at the Immigration Office Class I TPI Malang. The SINGA KARMILA application, as a result of an innovation, has relative advantages, compatibility, complexity, trialability, and observability. However, there are still obstacles in its application, such as a lack of socialization, low awareness and usage of the SINGA KARMILA application by the public, the SINGA KARMILA application is only available for Android-based mobile users, and limitations in resources, both human and financial, resulting in suboptimal practice.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030779 |
Uncontrolled Keywords: | Inovasi, Pelayanan Keimigrasian, Paspor, E-Government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 08:36 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 08:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211709 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nadyla Rizky Chaerani.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |