Pengaruh Literasi Keuangan, Modal Finansial, Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Usaha (Studi Pada Pelaku Usaha Bisnis Online Bidang Kuliner Di Kota Malang)

Widianingrum,, Wahyu and Dr. Ari Darmawan,, S.AB., M.AB. (2023) Pengaruh Literasi Keuangan, Modal Finansial, Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Usaha (Studi Pada Pelaku Usaha Bisnis Online Bidang Kuliner Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi yang cukup pesat memiliki dampak terhadap dunia bisnis. Hal ini ditandai dengan munculnya bisnis online di mana seorang penjual dan pembeli tidak harus bertemu secara langsung dalam melakukan transaksi jual – beli. Pada penelitian ini, peneliti memiliki tujuan untuk mengukur kinerja usaha dengan menggunakan literasi keuangan yang dimiliki oleh pelaku usaha bisnis online serta pengelolaan modal finansial dan inovasi produk yang digunakan dalam melakukan bisnis online pada bidang kuliner di Kota Malang. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari empat variabel, yaitu Literasi Keuangan, Modal Finansial, Inovasi Produk, dan Kinerja Usaha. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan usaha bisnis online bidang kuliner di Kota Malang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk google form yang disebar melalui sosial media. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tidak ada pengaruh signifikan Literasi Keuangan terhadap Kinerja Usaha, namun untuk Modal Finansial dan Inovasi Produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Usaha. Secara simultan, Literasi Keuangan, Modal Finansial, dan Inovasi Produk berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Usaha.

English Abstract

The rapid development of technology has an impact on the business world. This is marked by the emergence of an online business where a seller and a buyer do not have to meet face to face in making buying and selling transactions. In this study, researchers have the goal of measuring business performance by using financial literacy owned by online business actors as well as financial capital management and product innovation used in conducting online business in the culinary field in Malang City. The variables in this study consist of four variables, namely Financial Literacy, Financial Capital, Product Innovation, and Business Performance. This research uses explanatory research with a quantitative approach. The sample in this study was 100 respondents who are online businesses in the culinary field in Malang City. Data collection used a questionnaire in the form of a Google form which was distributed via social media. The results of this study indicate that there is no significant effect of financial literacy on business performance, however, financial capital and product innovation have a significant effect on business performance. Simultaneously, Financial Literacy, Financial Capital, and Product Innovation have a significant effect on Business Performance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052303
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Modal Finansial, Inovasi Produk, Kinerja Usaha.-Financial Literacy, Financial Capital, Product Innovation, Business Performance.
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username suprihatin
Date Deposited: 17 Jan 2024 08:15
Last Modified: 17 Jan 2024 08:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211645
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Wahyu Widianingrum.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item