PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP INOVASI PEMASARAN, KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA BISNIS (Studi pada Usaha Mikro Industri Batik Jambi di Dua Kecamatan Seberang Kota Jambi Tahun 2020)

Lestari, Savitri Endah (2023) PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP INOVASI PEMASARAN, KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA BISNIS (Studi pada Usaha Mikro Industri Batik Jambi di Dua Kecamatan Seberang Kota Jambi Tahun 2020). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pandemi covid 19 memberikan dampak ke berbagai industri termasuk usaha mikro industri Batik Jambi di Seberang Kota Jambi yang mana pelaku usaha belum memiliki kesiapan dalam menghadapi perubahan tersebut antara lain, terbatasnya akses jual beli secara langsung, lemahnya pemasaran daring dan sebagainya yang mengakibatkan keunggulan bersaing dan kinerja bisnis industri batik Jambi di Seberang Kota Jambi menurun. Sehingga perlu diindentifikasi variabel yang mempengaruhi keunggulan bersaing dan kinerja bisnis terutama terkait orientasi pasar dan inovasi pemasaran. Data literatur menunjukkan bahwa orientasi pasar dan inovasi pemasaran merupakan variabel yang dapat mempengaruhi keunggulan bersaing dan kinerja bisnis. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui seberapa besar pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Pemasaran terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Bisnis. Teori yang digunakan yaitu Strategic Management sebagai Grand Theory, Resource Based View (RBV) sebagai Middle Range Theory, Orientasi Pasar, Inovasi Pemasaran, Keunggulan Bersaing dan Kinerja Bisnis sebagai Applide Theory. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini di lakukan di industri batik Jambi Seberang Kota Jambi dengan sampel penelitian adalah 33 pelaku Usaha Mikro dengan teknik Nonprobability Sampling dengan pendekatan Sampling Sensus (jenuh). Data dianalisis menggunakan PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian memperlihatkan hasil bahwa dari enam hipotesis yang diajukan terdapat dua hipotesis yang memiliki pengaruh tidak signifikan yaitu Orientasi Pasar tidak memiliki pengaruh signifikan Keunggulan Bersaing dan Kinerja Bisnis. Sementara empat hipotessis lainnya memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel terikat pada penelitian ini.

English Abstract

The covid 19 pandemic has impacted many industries including Micro Enterprises of the Industry Batik Jambi in Seberang Jambi City, where businessmen have not been prepared to experience those same improvements, including limited access to direct buying and selling, insufficient digital marketing and so on. As a result, the competitive advantage and business performance of the Industry Batik Jambi in Seberang Kota Jambi decreasing. So it is important to identify variables that impact competitive advantage and business performance, especially related to market orientation and marketing innovation. Literature data show at market orientation and marketing innovation are variables that can affect competitive advantage and business performance. The purpose of this study is to examine the impact of Market Orientation, Marketing Innovation on Competitive Advantage and Business Performance. The theory used is Strategic Management as Grand Theory, Resource Based View (RBV) as Middle Range Theory, Market Orientation, Marketing Innovation, Competitive Advantage, and Business Performance as Applied Theory. The research method used is quantitative. This research was conducted in the industry Batik Jambi in Seberang Jambi City with a research sample of 33 Micro Business Owners using a Nonprobability Sampling technique with a Census Sampling approach (saturated). The data were analyzed using PLS (Partial Least Square). The results showed that of the six hypotheses proposed, there were two hypotheses that had an insignificant effect, namely Market Orientation did not have a significant effect on Competitive Advantage and Business Performance. While the other four hypotheses have a significant effect on the dependent variable in this study

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0523030064
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar, Inovasi Pemasaran, Keunggulan Bersaing, Kinerja Bisnis, Usaha Mikro Industri Batik Jambi, dan PLS (Partial Least Square)
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: agung
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:45
Last Modified: 18 Jan 2024 02:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211620
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
savitri endah.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item