Pengaruh Social Media Marketing, Citra Merek dan Pemberian Hadiah Terhadap Proses Keputusan Pembelian Garam Cap Kapal (Studi pada Followers Instagram Garam Cap Kapal)

Abidah, Zatu Shani and Dr. Ana Sofia Aryati,, S.E., M.M. (2023) Pengaruh Social Media Marketing, Citra Merek dan Pemberian Hadiah Terhadap Proses Keputusan Pembelian Garam Cap Kapal (Studi pada Followers Instagram Garam Cap Kapal). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing, citra merek, dan pemberian hadiah terhadap proses keputusan pembelian garam Cap Kapal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori yang bertujuan untuk memberikan penjelasan posisi atau kedudukan dari variabel yang diamati dengan variabel yang lain. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik usia minimal 18 tahun, merupakan pengikut (followers) akun Instagram @garamcapkapal, dan pernah membeli produk garam Cap Kapal minimal satu kali. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi pengolahan data Statistical Product and Service Solution (SPSS) for windows 26.0 Version. Dari hasil pengujian ini dapat disimpulkan bahwa variabel Social Media Marketing, Citra Merek, dan Hadiah memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Proses Keputusan Pembelian pada produk garam Cap Kapal. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya garam Cap Kapal dapat mempertahankan serta meningkatkan kualitas dari kegiatan social sedia marketing serta citra merek mereka. Selain itu, garam Cap Kapal sebaiknya mengkaji ulang serta meningkatkan kualitas program promosi pemberian hadiah.

English Abstract

This study aims to determine the effect of social media marketing, brand image, and gifts on buying decision process for Cap Kapal salt. This type of research is explanatory research which aims to provide an explanation of the position of the observed variable with other variables. This study used a sample of 100 respondents. Sampling in this study used a purposive sampling technique with characteristics including, a minimum age of 18 years, are followers of the Instagram account @garamcapkapal, and have purchased Cap Kapal salt products at least once. Data analysis in this study used the help of the Statistical Product and Service Solution (SPSS) data processing application for Windows 26.0 Version. From the results of this study, can be concluded that the variables Social Media Marketing, Brand Image, and Gifts have a significant and positive influence on Buying Decision Process on Cap Kapal salt products. Based on the research results, it is better for Cap Kapal salt to maintain and improve the quality of their social media marketing activities and brand image. In addition, Cap Kapal salt should review and improve the quality of the gift promotion program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020722
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Citra Merek, Hadiah, Proses Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:26
Last Modified: 25 Jan 2024 02:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211580
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Zatu Shani Abidah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item