Pengaruh Etnosentrisme terhadap Niat Pembelian Ulang Produk dalam Negeri dengan Mediasi Citra Produk dan Persepsi Nilai (Studi pada Konsumen Produk Maspion di Kota Surabaya).

Efendi, Yusuf Fikri and Prof. Ananda Sabil Hussein,, SE.,M.Com., Ph.D., and Dr. Mintarti Rahayu,, SE., MS., CSRS. (2023) Pengaruh Etnosentrisme terhadap Niat Pembelian Ulang Produk dalam Negeri dengan Mediasi Citra Produk dan Persepsi Nilai (Studi pada Konsumen Produk Maspion di Kota Surabaya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menjelaskan pengaruh etnosentrisme terhadap niat pembelian ulang produk dalam negeri yang dimediasi citra produk persepsi nilai. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi konsumen teknologi rumah tangga diproduksi oleh Maspion yang berada di Kota Surabaya. Jumlah sampel sebanyak 95 orang yang ditentukan menggunakan sample to item ratio dan ditentukan dengan teknik purposive sampling Data dianalisis dengan partial least square (PLS). Hasil penelitian menyatakan bahwa etnosentrisme berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap niat pembelian ulang produk dalam negeri, etnosentrisme tidak berpengaruh terhadap citra produk dalam negeri, etnosentrisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi nilai produk dalam negeri, citra produk tidak berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian ulang produk dalam negeri, persepsi nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian ulang produk dalam negeri, mediasi citra produk tidak berpengaruh signifikan pada etnosentrisme terhadap niat pembelian ulang produk dalam negeri, mediasi persepsi nilai berpengaruh positif dan signifikan pada etnosentrisme terhadap niat pembelian ulang produk dalam negeri.

English Abstract

The purpose of this study was to test and explain the effect of ethnocentrism on the intention to repurchase domestic products mediated by product image and perceived value. This study uses a quantitative approach with a population of household technology consumers produced by Maspion in the city of Surabaya. The number of samples is 95 people determined using the sample to item ratio and determined by purposive sampling technique. Data were analyzed using partial least squares (PLS). The results stated that ethnocentrism had a positive and significant effect on the intention of repurchasing domestic products, ethnocentrism had no effect on domestic product image, ethnocentrism had a positive and significant effect on perceived value of domestic products, product image had no significant effect on intention to repurchase domestic products, perceived value had a positive and significant effect on intention to repurchase domestic products, mediation of product image had no significant effect on ethnocentrism on intention to repurchase domestic products, mediation of value perceptions had a positive and significant effect on ethnocentrism on intention to repurchase domestic products.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423020123
Uncontrolled Keywords: Etnosentrisme, Citra Produk, Persepsi Nilai, Niat Pembelian Ulang, PLS.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 17 Jan 2024 08:03
Last Modified: 17 Jan 2024 08:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211536
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yusuf Fikri Efendi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item