Budi, Herdi Adcilio and Agung Nugroho Luthfi Imam F,, SAB., M.Bus., Sys.Pro, Ph.D (2023) Pengaruh Atribut Social Media Influencer Terhadap Consumer Brand Engagement dan Dampaknya Terhadap Purchase Intention (Studi Pada Pengikut Akun Instagram @Erigostore). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Atribut Social Media Influencer Terhadap Consumer Brand Engagement dan Dampaknya Terhadap Purchase Intention secara parsial. Influencer media sosial digambarkan sebagai orang yang memiliki kekuatan untuk memengaruhi opini, reaksi, dan perilaku merek konsumen, dimana terjadi peningkatan penggunaan influencer marketing dari tahun 2018-2022. Pengujian atribut influencer Instagram yang memengaruhi keterlibatan merek konsumen perlu dilakukan untuk mengetahui atribut yang efektif dalam mempengaruhi konsumen, terutama di Instagram. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan melakukan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pengikut akun Instagram @Erigostore. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah non-probability yaitu convenience sampling karena populasi yang sangat banyak dan keterbatasan informasi terkait populasi sebenarnya. Metode penelitian dalam penelitian ini yang digunakan yaitu metode survei dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan metode Partial Least Square (PLS). hasil analisis yang dilakukan pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Expertise memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Consumer Brand Engagement (2) Trustworthiness tidak berpengaruh signifikan terhadap Consumer Brand Engagement (3) Physical Attraction memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Consumer Brand Engagement (4) Familiarity memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Consumer Brand Engagement (5) Likablity pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Consumer Brand Engagement (6) Similarity memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Consumer Brand Engagement (7) Consumer Brand Engagement memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Purchase.
English Abstract
This study aims to determine the Partial Influence of Social Media Influencer Attributes on Consumer Brand Engagement and Its Impact on Purchase Intention. Social media influencers are described as individuals who have the power to influence the opinions, reactions, and behaviors of consumer brands, with an increase in influencer marketing observed from 2018 to 2022. Testing the attributes of Instagram influencers that affect consumer brand engagement is necessary to identify the effective attributes in influencing consumers, especially on Instagram..The type of research used is explanatory research employing a quantitative approach. The population in this study consists of followers of the Instagram account @Erigostore. The sampling technique used in this study is non-probability, specifically convenience sampling, due to the large population and limited information about the actual population. The research method used in this study is a survey method by distributing questionnaires to respondents. Data analysis used descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis using the Partial Least Square (PLS) method. The results of the analysis conducted in this study show that (1) Expertise has a positive and significant influence on Consumer Brand Engagement (2) Trustworthiness does not have a significant influence on Consumer Brand Engagement (3) Physical Attraction has a positive and significant influence on Consumer Brand Engagement (4) Familiarity has a positive and significant influence on Consumer Brand Engagement (5) Likability has a positive and significant influence on Consumer Brand Engagement (6) Similarity has a positive and significant influence on Consumer Brand Engagement (7) Consumer Brand Engagement has a positive and significant influence on Purchase.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030750 |
Uncontrolled Keywords: | Social Media Influencee, Consumer Brand Engagement. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 07:07 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 07:07 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211533 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Herdi Adcilio Budi.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |