Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)

Putri, Nadia Ineke and Dahlan Fanani,, Drs., MAB (2023) Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan internet yang semakin pesat membuat para pelaku industri kecantikan saling bersaing untuk meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada saat ini yaitu Electronic Word of Mouth dan Brand Image. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Brand Image; (2) Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian; (3) Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Variabel pada penelitian ini terdiri dari Electronic Word of Mouth, Brand Image, dan Keputusan Pembelian. Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang pernah membeli produk Somethinc untuk diri sendiri. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data melalui kuisioner online kepada 116 responden yang sesuai dengan kriteria populasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Electronic Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Brand Image, 2) Electronic Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, 3) Brand Image berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

English Abstract

The rapid development of the internet makes beauty industry perpetrators compete to increase product sales and improve consumer purchasing decisions. One of the factors that influence consumer purchasing decisions at this time is Electronic Word of Mouth and Brand Image.The purpose of this research are to: (1) examine and explain the effect of Electronic Word of Mouth on Brand Image; (2) to examine and explain the effect of Electronic Word of Mouth on Purchase Decision; (3) to examine and explain the effect of Brand Image on Purchase Decision. The type of research used in this research is explanatory research with a quantitative approach. The variables in this research consist of Electronic Word of Mouth, Brand Image, and Purchase Decision. The population criteria in this research are S1 students of the Faculty of Administrative Sciences, Universitas Brawijaya who had bought Somethinc products for her/his self. The sampling technique used is purposive sampling and the method of collecting data through online questionnaire to 116 respondents who appropriate with criteria of the population. The data analysis used is descriptive analysis and path analysis. The results showed that: 1) Electronic Word of Mouth has a positive and significant effect on Brand Image, 2) Electronic Word of Mouth has a a positive and significant effect on Purchase Decision, 3) Brand Image has a positive and significant effect on Purchase Decision

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030757
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Brand Image, Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:06
Last Modified: 19 Jan 2024 07:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211515
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nadia Ineke Putri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item