Pengaruh Dimensi Promosi pada Media Sosial terhadap Minat Beli (Survei pada Perilaku Konsumen Market Sociolla)

Salsabila, Nadhifa and Onni Meirezaldi, S.Sos., MM. (2023) Pengaruh Dimensi Promosi pada Media Sosial terhadap Minat Beli (Survei pada Perilaku Konsumen Market Sociolla). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh sebuah Promosi pada Media Sosial yang terbentuk dari faktor Personal Relevance (X1), Interactivity (X2), Message (X3) dan Brand Familiarity (X4) secara simultan maupun parsial terhadap Minat Beli (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah wanita dan laki-laki berusia 18-34 tahun yang berdomisili di Indonesia, serta merupakan konsumen dari Sociolla. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling, dan pengumpulan data menggunakan kuesioner online kepada 160 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi personal relevance, interactivity, message, dan brand familiarity secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Implikasi dari hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perusahaan untuk memahami promosi pada media sosial yang lebih baik serta meningkatkan kualitas dari setiap faktor promosi agar menarik minat beli konsumen

English Abstract

The purpose of this study is to determine and explain the influence of an Online Promotion which is formed from Personal Relevance (X1), Interactivity (X2), Message (X3) and Brand Familiarity (X4) factors simultaneously or partially on Purchase Interest (Y). This type of research is explanatory with a quantitative approach. The analytical method in this research is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The population criteria in this study are women and men aged 18-34 years old who live in Indonesia, and the consumers of Sociolla. The sampling technique used is non-probability sampling with purposive sampling method, and data collection using an online questionnaire to 160 respondents. The results of this study indicate that the personal relevance, interactivity, message, and brand familiarity variables simultaneously and significant have significant effect on purchase intention. The implications of the results of this study are expected to be useful for companies to understand better online promotion in social media and improve the quality of each online promotion factor in order to attract consumer purchase intention

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030755
Uncontrolled Keywords: Promosi Media Sosial, Personal Relevance, Interactivity, Message, Brand Familiarity, Minat Beli.
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:21
Last Modified: 19 Jan 2024 06:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211479
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
NADHIFA SALSABILA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item