Analisis Kompetensi Arsiparis Dalam Penyelenggaraan Manajemen Kearsipan (Studi Pada Unit Kearsipan Universitas Brawijaya)

Raissaura, Hendra Mahardika Redya and Dr. Drs. Mochammad Rozikin, M.AP, and Bayu Amengku Praja, S.Mn., M.Si (2023) Analisis Kompetensi Arsiparis Dalam Penyelenggaraan Manajemen Kearsipan (Studi Pada Unit Kearsipan Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kompetensi merupakan sebuah karakteristik pribadi berupa skill, keterampilan, keahlian dan juga penegetahuan. Kompetensi memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerja dari setiap individu. Dalam bidang kearsipan, kompetensi dari seorang arsiparis menjadi sebuah kunci untuk dapat menjalankan peneyelenggaraan manajemen kearsipan. Jika seorang arsiparis tidak memiliki kompetensi yang sesuai dengan tugasnya, maka akan menimbulkan beberapa masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, menganalisis peran dari kompetensi arsiparis dalam penyelenggaraan manajemen kearsipan di Unit Kearsipan Univesitas Brawijaya. Selain itu juga untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dari sumber daya di Unit Kearsipan Universitas Brawijaya. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajemen kearsipan, arsiparis, kompetensi, serta peningkatan sumber daya manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Unit Kearsipan Universitas Brawijaya masih belum terdapat seorang arsiparis dalam proses penyelenggaraan manajemen kearsipan di sana. Pada Unit Kearsipan Universitas Brawijaya hanya terdapat dua sumber daya manusia. Sumber daya manusia tersebut merupakan staf kearsipan yang memiliki jabatan sebagai pranata kearsipan. Selain dengan keterbatasan jumlah sumber daya manusia yang ada, sumber daya manusia dalam Unit Kearsipan Universitas Brawijaya juga memiliki latar belakang pendidikan yang belum sesuai dengan bidang kearsipan. Dengan keterbatasan tersebut pihak Unit Kearsipan Universitas Brawijaya melakukan beberapa kegiatan guna meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang ada. Saran dari peneliti adalah menyertakan kendala tentang tidak adanya arsiparis dan juga kurangnya sumber daya manusia kepada universitas, selain itu melakukan pengajuan pendidikan secara resmi kepada universitas, dan juga melakukan beberapa peyesuaian kompetensi dengan tugas yang dikerjakan.

English Abstract

Competence is a personal characteristic in the form of skills, skills, expertise and also knowledge. Competence has a big influence on the performance of each individual. In the field of archives, the competence of an archivist is the key to being able to carry out archive management. If an archivist does not have the competency as described, it will cause several problems. The aim of this research is to find out, describe and analyze the role of archivist competence in carrying out archives management in the Archives Unit at Brawijaya University. Apart from that, it is also to find out, describe and analyze what efforts can be made to increase the competency of resources in the Archives Unit at Brawijaya University. The concepts used in this research are archives management, archivists, competence, and improving human resources. The method used in this research is a qualitative descriptive method. The results of the research show that in the Brawijaya University Archives Unit there are still no archivists in the process of carrying out archives management there. At the Brawijaya University Archives Unit there are only two human resources. These human resources are archival staff who have the position of archival administrators. Apart from the limited number of available human resources, human resources in the Archives Unit at Brawijaya University also have educational backgrounds that are not in accordance with the field of archives. With these limitations, the Brawijaya University Archives Unit carried out several activities to improve the competency of existing human resources. Suggestions from researchers include obstacles regarding the absence of archives and also a lack of human resources at universities, in addition to submitting official educational applications to universities, and also making several competency adjustments to the tasks being carried out.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030747
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kearsipan, Universitas Brawijaya, Kompetensi.
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:21
Last Modified: 19 Jan 2024 06:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211466
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hendra Mahardika Redya Raissaura.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item