Hubungan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pemustaka (Studi Pada Perpustakaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi)

Andina,, Salma March (2023) Hubungan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pemustaka (Studi Pada Perpustakaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas layanan dengan kepuasan pemustaka pada perpustakaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Penelitian ini penting dilakukan karena kepuasan pemustaka akan menjadi penentu, bahan evaluasi dan masukan bagi pihak perpustakaan dalam rangka meningkatkan kepuasan pemustaka melalui peningkatan kualitas layanan. Penelitian dilakukan pada perpustakaan Kemendikbud Ristek dengan alasan perpustakaan ini merupakan perpustakaan khusus yang di naungi langsung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan memiliki fokus terhadap koleksi mengenai pendidikan dan kebudayaan. Jumlah responden sebanyak 63 orang dengan teknik accidental sampling. Alat ukur yang digunakan terdiri dari kuesioner kepuasan pemustaka dimana pengukuran kepuasan pemustaka ini dengan cara directly reported satisfaction yakni menanyakan langsung tingkat kepuasan yang dirasakan pemustaka. Sedangkan alat ukur kualitas layanan yang mengacu kepada dimensi-dimensi LibQual+TM yaitu: Affect of service, Personal Control, and Library as place dan Information Access. Analisis statistik yang digunakan adalah Analisis SEM-PLS, karena tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konstruk eksogen dengan konstruk endogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruk eksogen kualitas layanan memiliki hubungan positif yang signifikan (O=0.790) dengan konstruk kepuasan pemustaka. Nilai t-statistik pada hubungan konstruk ini adalah 13.288 atau lebih besar dari 1.96, dan nilai p-values 0.000 lebih kecil dari 0.05. Maka dapat dinyatakan, ada hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas layanan dengan kepuasan pemustaka perpustakaan.

English Abstract

This study aims to determine the relationship between service quality and user satisfaction at the Ministry of Education, Culture, Research and Technology (Kemendikbud Ristek) library. This research is important because user satisfaction will be a determinant, evaluation material and input for the library in order to increase user satisfaction through improving service quality. The research was conducted at the Ministry of Education and Culture's library for Research and Technology on the grounds that this library is a special library directly sheltered by the Ministry of Education, Culture, Research and Technology and has a focus on collections regarding Education and culture. The number of respondents was 63 people with accidental sampling technique. The measurement tool used consists of a user satisfaction questionnaire in which user satisfaction is measured by directly reported satisfaction, namely asking directly the level of satisfaction felt by users. Meanwhile, service quality measurement tools refer to the dimensions of LibQual+TM, namely: Affect of service, Personal Control, and Library as place and Information Access. The statistical analysis used was SEM-PLS analysis, because the purpose of this study was to determine the relationship between exogenous constructs and endogenous constructs. The results showed that the exogenous construct of service quality had a significant positive relationship (O=0.790) with the user satisfaction construct. The t-statistical value for this construct relationship is 13,288 or greater than 1.96, and the p-value of 0.000 is less than 0.05. So it can be stated, there is a positive and significant relationship between service quality and library user satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030048
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Kualitas Layanan, Kepuasan Pemustaka.
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: agung
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:14
Last Modified: 17 Jan 2024 04:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211390
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item