Pengaruh Variety Seeking Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Brand Switching Pengguna Smartphone Android ke iPhone (Survei Pada Mahasiswa Aktif Universitas Brawijaya)

Nufus, Safitri Lailatun (2023) Pengaruh Variety Seeking Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Brand Switching Pengguna Smartphone Android ke iPhone (Survei Pada Mahasiswa Aktif Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan smartphone menjadi bukti pesatnya perkembangan teknologi. Berbagai macam model dan merek handphone makin beragam brand smartphone pun juga melakukan inovasi besar-besaran tiap merilis produk terbarunya. Menurut Laporan Newzoo menunjukkan bahwa pengguna ponsel pintar (smartphone) di Indonesia menduduki posisi keempat dengan 170,4 juta pengguna smartphone. Penetrasi smartphone di dalam negeri telah mencapai 61,7% dari total populasi. Angka ini dinilai cukup tinggi. Newzoo juga memprediksi pengguna smartphone di tahun 2023 mencapai 4,3 miliar pengguna secara global (Pusparisa, 2021). Apple berhasil merajai angka market share dengan pengiriman 49.5 juta dan tingkat pertumbuhan sebesar 8%. Melalui survei yang dilakukan oleh sellcell.com dengan melibatkan lebih dari 2000 responden pengguna smartphone android dan mengeluarkan hasil penelitian bahwa hampir 33% pengguna android mempertimbangkan untuk berpindah merek ke iPhone 12. Brand Switching merupakan suatu perilaku perpindahan merek yang dilakukan oleh konsumen, yang bisa diartikan dengan kerentanan konsumen untuk beralih ke merek yang lain (Keaveney,1995). Berdasarkan penjelasan konsep dan penelitian terdahulu mengenai keputusan brand switching, maka fenomena brand switching menarik untuk diteliti lebih lanjut. Dalam konteks penelitian sekarang ini peneliti tertarik untuk memahami apakah terdapat pengaruh Variety Seeking dan ElectronicWord of Mouth mengenai tindakkan brand switching pada pengguna smartphone pada awalnya menggunakan android kemudian beralih menggunakan iPhone. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pada Variety Seeking terhadap keputusan Brand Switching pengguna smartphone android ke iPhone dari seluruh mahasiswa aktif Universitas Brawijaya, (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap keputusan Brand Switching pengguna smartphone android ke iPhone dari seluruh mahasiswa aktif Universitas Brawijaya, (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Variety Seeking dan Electronic Word of Mouth secara bersama-sama terhadap keputusan Brand Switching pengguna smartphone android ke iPhone dari seluruh mahasiswa aktif Universitas Brawijaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variety Seeking dan Electronic Word of Mouth menunjukkan pengaruh signifikan terhadap brand switching pada pengguna android ke iPhone.

English Abstract

The growth of smartphones is proof of the rapid development of technology. Various kinds of models and brands of mobile phones, more and more various smartphone brands also carry out massive innovations every time they release their newest product. The Newzoo report shows that smartphone users in Indonesia occupy the fourth position with 170.4 million smartphone users. Smartphone penetration in the country has reached 61.7% of the total population. This figure is considered quite high. Newzoo also predicts that smartphone users will reach 4.3 billion users globally in 2023 (Pusparisa, 2021). Apple managed to dominate the market share figure with 49.5 million shipments and a growth rate of 8%. Through a survey conducted by sellcell.com involving more than 2000 respondents to Android smartphone users and issuing research results that almost 33% of Android users considered switching brands to iPhone 12. Brand Switching is a brand switching behavior carried out by consumers, which can be interpreted as consumers' vulnerability to switch to another brand (Keaveney, 1995). Based on the exposure of concepts and previous research related to brand switching decisions, the phenomenon of brand switching is interesting to be investigated further. In the context of the current research, researcher is interested in understanding whether there is an effect of variety seeking and electronic word of mouth regarding brand switching decisions on smartphone users who initially used Android, now switch to using iPhone. The aim of this research is: (1) To find out whether there is an influence of Variety Seeking on the Brand Switching decision of Android smartphone users to iPhone from all active student of Brawijaya University, (2) To find out whether there is an influence of Electronic Word of Mouth on the Brand Switching decision of Android smartphone users to iPhone from all active student of Brawijaya University, (3) To find out whether there is an influence of Variety Seeking and Electronic Word of Mouth together on the Brand Switching decision of Android smartphone users to iPhone from all active student of Brawijaya University. The results showed that Variety Seeking and Electronic Word of Mouth showed a significant influence on Brnad Switching on Android users to iPhone.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030047
Uncontrolled Keywords: Smartphone, Android, iPhone, Brand Switching, Variety Seeking, Electronic Word of Mouth.
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: agung
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:06
Last Modified: 17 Jan 2024 04:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211384
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Safitri Lailatun Nufus.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item