Implementasi Standar Pelayanan Minimal Desa (Studi pada Desa Ciperna Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon).

Fathurrahman, M Naufal and Dr. Mohammad Nuh, S.IP., M.Si and Andyka Muttaqin, S.AP., M.PA. (2023) Implementasi Standar Pelayanan Minimal Desa (Studi pada Desa Ciperna Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Standar pelayanan minimal desa merupakan peraturan yang dibuat oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang tertuang dalam Peraturan Kementerian Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2017 tentang standar pelayanan minimal desa. Standar pelayanan minimal desa diterapkan di Desa Ciperna pada tahun 2019 dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. pelayanan kepada masyarakat yang dilakukan oleh Pemerintah desa masih mengalami permasalahan dari standar operasional prosedur yang tidak berjalan semestinya,fasilitas yang tidak digunakan semestinya, dan beberapa permasalahan lainya. Penelitian ini memiliki tujuan mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan menganalisa implementasi standar pelayanan minimal desa di Desa Ciperna Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan fokus Implementasi Kebijakan dari George Edward III yaitu terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi dalam implementasi kebijakan yaitu komunikasi, sumberdaya, disposisi, struktur birokrasi. Penelitian ini berlokasi di Kabupaten Cirebon, dengan situs penelitian di Kantor Kuwu Desa Ciperna. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan implementasi standar pelayanan minimal sudah cukup baik dilaksanakan tetapi masih terdapat kekurangan. Pada komunikasi hanya melalui media sosialisasi, fasilitas untuk kelompok difabel tidak terdapat di Kantor Kuwu, SDM yang perlu meningkatkan kemampuan dalam menggunakan media sosial sebagai media penyebar informasi,pengangkatan perangkat desa yang tidak sesuai peraturan. Standar pelayanan minimal desa merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat hendaknya dilakukan analisis secara mendalam agar pelaksanaanya meningkat sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

English Abstract

The village minimum service standard is a regulation made by the Ministry of Home Affairs of the Republic of Indonesia as stipulated in the Ministry of Home Affairs Regulation Number 2 of 2017 concerning village minimum service standards. Village minimum service standards were implemented in Ciperna Village in 2019 with the aim of improving services to the community. services to the community carried out by the village government are still experiencing problems from standard operating procedures that are not working properly, facilities that are not used properly, and several other problems. This research has the aim of identifying, describing, andanalyze implementation of village minimum service standards in Ciperna Village, Talun District, Cirebon Regency. This study uses qualitative research methods, with a focus on Policy Implementation from George Edward III, namely there are several factors that influence policy implementation, namely communication, resources, disposition, bureaucratic structure. This research is located in Cirebon Regency, with the research site at the Kuwu Office in Ciperna Village. Sources of data used are primary and secondary data, with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that the implementation of minimum service standards is quite well implemented but there are still deficiencies. In communication only through social media, facilities for groups with disabilities are not available at the Kuwu Office, lacking human resources, appointment of village officials who are not in accordance with regulations. The village minimum service standard is an effort to improve service to the community, an in-depth analysis should be carried out so that the implementation increases so as to improve service to the community.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030732
Uncontrolled Keywords: Standar pelayanan minimal desa, implementasi kebijakan
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:15
Last Modified: 19 Jan 2024 02:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211371
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
M Naufal Fathurrahman.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item