Analisis Sentimen Publik Terhadap Ketidakpatuhan Pajak Influencer Di Indonesia Berdasarkan Algoritma Naïve Bayes

Amalina, Safiah Putri (2023) Analisis Sentimen Publik Terhadap Ketidakpatuhan Pajak Influencer Di Indonesia Berdasarkan Algoritma Naïve Bayes. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Influencer merupakan seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain. Kemampuan influencer dalam mempengaruhi orang lain dipengaruhi oleh kredibilitas yang dimiliki dan yang ditampilkan pada media sosial. Terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi kredibilitas influencer salah satunya adalah ketidakpatuhan pajak. Penelitian ini berangkat pada permasalahan mengenai apakah ketidakpatuhan pajak yang dilakukan dapat memberikan penilaian negatif dari masyarakat, dengan menggunakan Social Judgement Theory (SJT) untuk mengetahui bagaimana proses masyarakat melakukan penilaian terhadap influencer yang tidak patuh pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis sentimen yang diberikan publik terhadap influencer di Indonesia yang terbukti melakukan ketidakpatuhan pajak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari kumpulan tweet dengan kata kunci ‘pajak influencer’ dan ‘influencer gak bayar pajak’. Jenis data primer juga digunakan peneliti untuk mengkonfirmasi hasil dari data sekunder, data primer yang digunakan bersumber dari wawancara bersama empat informan yang aktif di media sosial dan menjadi pengikut influencer di media sosial. Data sekunder dan primer yang sudah dikumpul selanjutnya akan diproses pada software Rapidminer untuk dilakukan analisa sentimen menggunakan algoritma Naïve Bayes. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan algoritma Naïve Bayes, sentimen yang dimiliki oleh publik terhadap ketidakpatuhan pajak oleh influencer adalah negatif. Penilaian sentimen terhadap ketidakpatuhan pajak dipengaruhi oleh ego-involvement seseorang terhadap profesi influencer dan perilaku ketidakpatuhan pajak. Pada penelitian ini sentimen yang dihasilkan adalah negatif sehingga timbul penolakan terhadap ketidakpatuhan pajak oleh influencer.

English Abstract

Influencers is someone who has the ability to influence others. Ability influencers in influencing others is influenced by the credibility that is owned and displayed on social media. There are several things that can affect credibility influencers one of them is tax non-compliance. This study departs from the problem of whether tax non-compliance can give a negative assessment of society, by using Social Judgment Theory (SJT) to find out how the community processes an assessment ofinfluencers non-tax compliant. The purpose of this study is to find out and analyze the sentiments given by the public towards influencers in Indonesia who are proven to have committed tax noncompliance. This research uses a type of qualitative research with a descriptive approach. The type of data used in this study is secondary data derived from a collection of tweets with the keyword 'tax influencers' and 'influencers don't pay taxes'. Primary data types are also used by researchers to confirm the results of secondary data, the primary data used comes from interviews with four informants who are active on social media and are followers influencers on social media. Secondary and primary data that has been collected will then be processed on Rapidminer software to do sentiment analysis using an algorithm Naïve Bayes. The result of this research is based on the algorithm Naïve Bayes, the sentiment held by the public towards tax non-compliance by influencers is negative. Sentiment assessment of tax non-compliance is influenced by ego involvement someone to the profession influencers and tax non-compliance behavior. In this study the resulting sentiment was negative resulting in rejection of tax non-compliance byinfluencers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030044
Uncontrolled Keywords: Sentimen, Ketidakpatuhan Pajak, influencer, Naïve Bayes, Social Judgement Theory.
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: agung
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:45
Last Modified: 17 Jan 2024 03:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211359
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Safiah Putri Amalina.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item